Universal Sanitasi, Sijunjung Komitmen Beri Dukungan

id #KIM Sijunjung #Randai

Universal Sanitasi, Sijunjung Komitmen Beri Dukungan

Diskominfo Berdayakan KIM (c)

Muaro (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Sijunjung berkomitmen untuk memberi dukungan terhadap akses universai air bersih dan sanitasi di daerah itu, sehingga tahapan pematangan terus menjadi perhatian yang melibatkan lintas sektoral di daerah itu.

Salah satu bukti bentuk dukungan atas pernyataan komitmen bersama Pemerintah Daerah dalam mendukung Akses Universal Air Minum dan Sanitasi yang dilaksanakan di Medan pada 25 Otober 2017, Kabupaten Sijunjung yang dimotori Bapppeda menggelar pertemuan lanjutan dengan Kepala OPD dan Anggota Pokja AMPL pada 31 Oktober 2017 di Ruang Rapat Kantor Bapppeda.

Pertemuan itu merupakan yang ketiga kalinya digelar, dimana sebelumnya telah dilaksanakan pada Maret dan Juli yang lalu. Pertemuan kali ini membahas beberapa hal mengenai diseminasi hasil riset Baseline Survey dan Sanifoam oleh PKBI dan SNV, yang merupakan koordinasi anggota pokja AMPL 2017, serta penyusunan rencana kerja Pokja AMPL.

Pokja AMPL diharapkan mampu melakukan terobosan untuk mendorong pelaksanaan program akses universal sanitasi nasional di Kabupaten Sijunjung agar dapat berjalan baik dan optimal untuk mencapai target 100 persen akses sanitasi yang layak melalui program STBM.

Dari hasil peyusunan rencana kerja Pokja AMPL, didapatkan kesepakatan anggota Pokja memasukkan program sanitasi pada RAD Tahun 2018.

Dengan memenuhi komitmen bersama Pemerintah Daerah dalam mendukung akses universal diharapkan mampu mewujudkan pencapaian akses universal air minum dan sanitasi layak di pada 2019 mendatang, sesuai dengan amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).***