MTQ Tingkat Sumbar Pariaman, Kafilah Mentawai Siap Tampil

id #MTQ Provinsi #Mentawai Utus Kafilah

MTQ Tingkat Sumbar Pariaman, Kafilah Mentawai Siap Tampil

Salah satu kontingen kafilah dari kecamatan Sikakap mengikuti defile pada MTQ ke 6 Tingkat Kabupaten Mentawai pada Desember 2016 (c)

Mentawai, (Antara Sumbar) - Meski tanpa adanya target apapun yang diberikan namun para Qori dan Qariah Kabupaten Mentawai menyatakan siap tampil sebaik-baiknya dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 37 tingkat Sumatera Barat yang bakal digelar di Kota Pariaman 4-11 November 2017 mendatang.

Ketua kontingen kafillah Kabupaten Mentawai Syamsir Harahap, mengatakan menghadapi MTQ ke 37 tingkat provinsi di Kota Pariaman, kontingen Mentawai akan menurunkan 26 orang kafilah putra-putri terbaik yang telah melalui proses seleksi dan training centre (TC) yang cukup ketat.

"Kita tidak ada berikan target, tapi Insya Allah dari 26 qori dan qariah yang diturunkan nanti akan memberikan yang terbaik untuk Mentawai," kata Syamsir Harahap di Tuapejat, Rabu.

Ke 26 kafilah tersebut, akan mengikuti enam dari 11 cabang yang diperlombakan dalam MTQ provinsi yang dipusatkan di Pantai Kata Kota Pariaman itu, yakni cabang Tilawah, Tartil, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Tahfiz, dan Khutbah Jumat.

Para kafilah itu, kata Syamsir, merupakan kafilah terbaik Kabupaten Mentawai karena telah melakukan berbagai seleksi jauh hari, mulai dari pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten.

"Berbagai seleksi sudah mereka lalui, mulai dari MTQ tingkat Kabupaten hingga dua kali TC, dan akhirnya mengerucut menjadi 26 orang," ujarnya.

Syamsir menyatakan keikutsertaan Mentawai pada MTQ, bukan sekedar mengejar target kemenangan, tapi sebagai bentuk partisipasi silaturahmi aktif dari Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam meramaikan alek keagamaan itu.

"Taget kita bukan pada capaian kemenangan, tapi sebenarnya ingin mencapai strategi tentang bagaimana melakukan pembinaan MTQ, MDTA dan surau yang menjadi bibit utama dalam menopang keberhasilan pada iven-ivent keagamaan," katanya.

Meski tidak ada taget apapun, namun dari enam cabang lomba yang diikuti, setidaknya ada dua cabang lomba yang bisa diharapkan dan diprediksi bisa meraih medali emas, yakni Cabang Tilawah dewasa putra, dan Tilawah golongan remaja putri.

Kontingen Mentawai yang terdiri dari 26 kafilah, dengan rincian, 14 qori dan 12 qoriah yang akan didampingi offcial tersebut akan dilepas langsung oleh Bupati Kepuluan Mentawai Yudas Sabaggalet di Padang pada Jumat (3/11). (***)