Permudah Akses, Pemkab Pessel Lanjutan Pembangunan Jalan Sutera-Lengayang

id Perbaikan Jalan

Permudah Akses, Pemkab Pessel Lanjutan Pembangunan Jalan Sutera-Lengayang

Ilustrasi - (ANTARA SUMBAR/Zulham Beni Kusuma)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan melanjutkan pembangunan jalan antarkecamatan dari Sutera ke Lengayang, daerah setempat pada 2018.

"Setidaknya terdapat lebih kurang lima kilometer jalan yang menghubungkan Sutera dengan Lengayang mengalami kerusakan, jika itu selesai maka arus lalu akan lancar," kata Camat Sutera, Fachruddin di Painan, Selasa (31/10).

Jalan penghubung itu di Sutera berada di Kampung Tanjung Gadang, Nagari (Desa Adat) Amping Parak Timur, sementara di Lengayang berada di Kampung Lubuk Sarik, Nagari Kambang Utara.

Mewujudkan hal itu pada musyawarah rencana pembangunan kecamatan tahun ini, pembangunan jalan tersebut akan dijadikan sebagai kegiatan prioritas.

"Jalan itu merupakan jalan alternatif jika Jalan Lintas Sumatera Padang-Bengkulu tidak bisa dilewati," katanya.

Hal itu pernah terjadi pada 2011 yang saat itu Jalan Lintas Sumatera Padang-Bengkulu dihantam banjir bandang, untuk terhindar dari jalan yang rusak kendaraan lintas provinsi terpaksa melewati jalan Kampung Tanjung Gadang - Kampung Lubuk Sarik.

Terpisah warga Kampung Tanjung Gadang, Saiful (51) menyebutkan saat ini jalan Kampung Tanjung ke Kampung Lubuk Sarik kondisi cukup memprihatinkan terutama jika cuaca sedang hujan.

"Tidak jarang mobil atau motor terjebak di lokasi karena jalannya sudah rusak parah bahkan berlumpur ketika cuaca sedang hujan," katanya.

Ia menyebutkan seingatnya jalan tersebut diaspal pada 1984 dan hingga sekarang tidak pernah diperbaiki.

"Mudah-mudahan pada 2018 jalan itu diperbaiki karena selain dijadikan sebagai akses untuk ke kecamatan tetangga juga kami gunakan untuk mengangkut hasil pertanian," ujarnya. (*)