"Bhinneka Tunggal Ika", Lagu Ciptaan Wako Padang Sambut Sumpah Pemuda

id Mahyeldi Ansharullah

"Bhinneka Tunggal Ika", Lagu Ciptaan Wako Padang Sambut Sumpah Pemuda

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

Padang, (Antara Sumbar) - Wako Padang, Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menciptakan lagu berjudul "Bhinneka Tunggal Ika"untuk menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

"Kami memilih judul itu untuk mengingatkan masyarakat tentang besarnya arti semboyan negara itu," ujarnya di Padang, Jumat (27/10).

Lagu ini diciptakan untuk mengingatkan masyarakat bahwa Indonesia memiliki beragam budaya dan etnis namun tetap memiliki persatuan.

Sasarannya, untuk generasi muda mulai dari siswa hingga pemuda.

Lagu ini telah diluncurkan dan dinyanyikan di beberapa sekolah oleh siswa seperti SMP 31 dan SMP 2 Padang.

Secara resmi akan diperkenalkan kepada publik pada peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017 yang menurut rencana juga akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

"Gagasan lagu ini berasal dari diskusi, dengan bantuan pemusik Padang terciptalah," ujarnya.

Tujuan menciptakan lagu ini juga bukan semata memperingati Sumpah Pemuda saja namun juga sejalan dengan persiapan Padang mewujudkan generasi emas pada 2040.

Diharapkan ini dan lagu perjuangan lainnya bisa memantik semangat pemuda untuk berprestasi dan berperan dalam pembangunan bangsa di segala sektor.

Sementara itu terkait peringatan Sumpah Pemuda juga, Koordinator Kopertis wilayah X Prof Herri menilai mahasiswa memiliki andil penting dalam mewujudkan generasi pemuda emas.

Dengan dibekali kemampuan praktis dan intelektual, mahasiswa bisa menjadi cikal bakal generasi unggulan.

Tinggal saja upaya pembina yakni kampus dan dosen dalam mengembangkan dan memajukan prestasinya. (*)