Baru Persib dan Arema FC yang Berlisensi AFC

id PSSI

Baru Persib dan Arema FC yang Berlisensi AFC

PSSI. (ANTARA FOTO)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan baru dua klub Go-Jek Traveloka Liga 1 yakni Arema FC dan Persib Bandung yang lolos verifikasi dan berhak mendapatkan lisensi profesional Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (26/10), PSSI menyebut bahwa berdasarkan sidang komite lisensi PSSI, tiga tim Liga 1 lainnya yaitu Bali United, Madura United dan Persija Jakarta diwajibkan untuk melengkapi beberapa kriteria lain dalam waktu tiga bulan agar bisa dinyatakan lolos verifikasi.

Sementara bagi tim-tim yang dinyatakan tidak lolos dipersilakan melakukan banding.

"Kepada klub-klub lain yang belum dinyatakan lolos dalam proses ini kami berikan waktu untuk mengajukan banding dalam tempo dua hari ke depan. Kami berharap, klub bisa memenuhi standar yang telah ditetapkan sehingga bisa mendapatkan lisensi dan berpeluang berpartisipasi di kompetisi level Asia," kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria.

Adapun proses verifikasi untuk lisensi klub sudah dimulai sejak April 2017. Lisensi tersebut berguna agar sebuah tim bisa tampil di kompetisi tingkat Asia di bawah AFC.

AFC sendiri menetapkan ada lima aspek penilaian yang mesti dipenuhi standarnya oleh klub agar dapat memperoleh lisensi yaitu legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi serta sporting (pembinaan usia dini).

Bagi klub yang dinyatakan tidak lolos verifikasi, Komite Lisensi PSSI memberikan kesempatan untuk melakukan banding dalam dua hari setelah pengumuman. Kemudian keputusan final diumumkan pada tanggal 31 Oktober 2017.

Di tahun 2018, satu tim Liga 1 Indonesia dipastikan bisa tampil di babak playoff Liga Champions Asia dan dua klub boleh berpartisipasi di Piala AFC.

Untuk Liga 1 Indonesia, tim-tim yang berhak berpartisipasi di dua turnamen itu adalah peringkat 1-3 dengan syarat utama harus memiliki lisensi AFC.

Jika, misalnya, tim yang berhak tampil di Asia tidak berlisensi, berdasarkan aturan AFC kesempatan tampil di Asia akan diberikan ke tim di peringkat berikutnya. Akan tetapi, pergeseran hak itu hanya berlaku untuk tim yang posisinya maksimal peringkat kesembilan klasemen.

AFC sendiri memberikan batas waktu ("deadline") pendaftaran klub untuk tampil di tingkat Asia sampai 22 November 2017. Liga 1 musim 2017 akan berakhir tanggal 12 November 2017. Sehingga masih ada waktu sekitar 10 hari untuk pendaftaran klub.

"AFC memberikan deadline hingga 22 November dan kami akan mendaftarkan klub sebelum deadline itu," kata Tisha. (*)