ASN Tanahdatar Diminta Sebarluaskan Informasi Kegiatan Instansinya

id Publikasi

ASN Tanahdatar Diminta Sebarluaskan Informasi Kegiatan Instansinya

Ilustrasi - Publikasi kegiatan melalui media. (Antara)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, meminta kepada aparatur sipil negara (ASN) di masing-masing organisasi perangkat daerah untuk mampu menyebarluaskan informasi kegiatan atau program pembangunan yang ada di instansinya.

"Penyebarluasan informasi pembangunan di masing-masing OPD perlu mendapat perhatian bagi ASN pejabat pengelola informasi agar masyarakat mengetahui pelaksanaan kegiatan," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tanah Datar, Erizal Ramli di Batusangkar, Kamis.

Setiap OPD sebaiknya menginformasikan program atau kegiatan yang dilaksanakan melalui saluran informasi yang tersedia sehingga masyarakat juga mengetahui kegiatan tersebut sekaligus dapat memberikan tanggapan atau masukan.

Penyebarluasan informasi kegiatan ini cukup strategis karena di era keterbukaan informasi saat ini, data dan informasi harus disajikan kepada publik yang disediakan di website maupun secara manual.

"Gunakan website pemerintah daerah dan radio, media sosial ataupun sarana lainnya untuk mempublikasikan kegiatan ataupun informasi yang berguna bagi masyarakat," tambahnya.

Keberadaan Bagian Humas dan Dinas Kominfo sebagai corong pemerintah daerah harus didukung oleh seluruh OPD untuk pengayaan variasi informasi.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanah Datar, Yusnaldi mengapresiasi upaya pemerintah daerah dalam menyebarluaskan informasi program pembangunan karena juga selaras dengan tugas-tugas jurnalistik.

"Petugas pengelola informasi sebagai dasar untuk bisa mempublikasikan kegiatan di masing-masing OPD, harus membiasakan menulis dalam bentuk berita singkat," katanya.

Pemerintah daerah sudah memiliki sarana penyebarluasan informasi berupa website dan radio, yang bisa diakses oleh masyarakat. (*)