Kominfo Gelar Bimtek, Aplikasi Perjalanan Dinas Diluncurkan

id #Bimtek #Aplikasi Perjalanan Dinas

Kominfo Gelar Bimtek, Aplikasi Perjalanan Dinas Diluncurkan

Peserta Bimtek aplikasi perjalanan dinas e-SPPD untuk OPD dilingkungan Pemkab Sijunjung. (c)

Muaro (antara sumbar) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi e-SPPD sebagai bentuk implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government.

Pelaksanaan berlangsung di Ruang Training Diskominfo Sijunjung, Senin, yang dilatarbelakangi oleh semangat mewujudkan kepemerintahan yang bersih, transparan dan mampu menjawab tuntutan perubahan.

Pada tahap awal Bimtek ini diikiuti oleh 10 OPD yaitu BKAD, Sedakab, Dikbud Perkim, Satpol PP dan Damkar, DPMN, DPMPTSP, Dagperinkop dan UKM, PU PR, dan Kecamatan Koto VII.

Untuk itu secara bergantian OPD di lingkungan Pemkab Sijunjung akan melaksanakan Bimtek selama 10 hari mulai sejak 23 Oktober sampai dengan 3 November 2017.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Rizal Efendi, SE menyampaikan Dinas Kominfo berperan sebagai leading sektor pengembangan sistem e-Government dalam mengkoordinasikan dan mengintegrasikan komponen sistem e-Government di seluruh OPD, diantaranya adalah kebutuhan aplikasi yang dapat mendukung management data dan informasi serta peningkatan layanan terhadap publik.

Tujuan aplikasi Perjalanan Dinas (e-SPPD) dirancang, kata dia, guna mempermudah pelaporan dan pemeriksaan anggaran perjalanan dinas, sehingga lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel.



Ia berharap untuk tahap ke II agar semua OPD dan seluruh kecamatan bisa mengikuti Bimtek penggunaan aplikasi e-SPPD untuk mewujudkan good governance melalui penerapan pemerintah berbasis elektronik (e-Government). ***