Guru Diminta Manfaatkan Beasiswa LPDP

id Harry Azhar Azis

Guru Diminta Manfaatkan Beasiswa LPDP

Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Dr. Harry Azhar Azis sedang memberi sambutan pada acara dialog dengan ratusan guru se-Padangpariaman, Sumatera Barat, Parit Malintang, Senin (23/10). (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M S)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Azis mengimbau guru di Indonesia memanfaatkan peluang mendapatkan beasiswa program pascasarjana dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

"Terserah guru-guru mau kuliah di mana, baik dalam negeri maupun luar negeri," saat dialog dengan ratusan guru se-Padangpariaman, Sumatera Barat, Senin.

Ia mengemukakan lebih dari tiga juta jumlah guru Indonesia, dan 293 di antaranya masih belum memenuhi kualifikasi akademik strata 1, lanjutnya.

Ia mengatakan untuk meningkatkan jumlah guru yang berpendidikan sarjana dan pascasarjana, Harry mengimbau guru untuk memanfaatkan beasiswa LPDP.

Menurutnya apabila guru di Indonesia memiliki pendidikan strata 2 dan 3 maka dapat meningkatkan mutu pendidikan Indonesia saat ini.

Namun, ia mengemukakan, untuk mendapatkan beasiswa tersebut guru-guru harus menguasai bahasa Inggris dengan penilaian di atas 550 serta indeks prestasi komulatif tamat sarjana di atas 3,5.

"Apabila ada, silakan hubungi saya melalui media sosial dan nanti akan saya bantu," kata dia.

Sementara itu, anggotamengatakan 20 persen dari Rp2.100 triliun APBN diperuntukkan untuk pendidikan.

"Namun kami rasa anggaran untuk pendidikan tersebut masih kecil," ujar dia.

Ia mengatakan keinginan dari DPR RI yaitu 20 persen dari APBN tersebut hanya untuk membiayai sarana dan prasarana atau tidak untuk gaji guru. (*)