Pemuda harus Sadar Wisata, KNPI: Mari Ikut Kembangkan Pariwisata

id KNPI

Pemuda harus Sadar Wisata, KNPI: Mari Ikut Kembangkan Pariwisata

Ketua KNPI Sumatera Barat, Defika Yufiandra menandatangani surat keputusan pelantikan jajaran KNPI Pesisir Selatan, periode 2017-2020 disaksikan Ketua DPD KNPI Pesisir Selatan, Ronald Bernando, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. ( ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Barat, Defika Yufiandra mengajak pemuda menyambut wisatawan dengan ramah sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan pariwisata di daerah itu.

"Saat ini tidak hanya Sumatera Barat namun beberapa kabupaten dan kota juga gencar mengembangkan pariwisata, pemuda cukup menyambut wisatawan dengan ramah sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan itu," katanya usai pelantikan jajaran Dewan Perwakilan Daerah (DPD) KNPI Pesisir Selatan, periode 2017-2020 di Painan, Senin.

Sambutan ramah tersebut bisa dilahirkan dengan memastikan tidak adanya premanisme, pemalakan, pungutan liar dan aksi lain yang berpotensi meresahkan wisatawan.

"Dengan berkembangnya objek wisata tentu saja kunjungan wisatawan akan meningkat dan hal itu tidak hanya berdampak pada meningkatnya pendapat asli daerah namun juga perekonomian masyarakat bahkan juga pemuda yang ikut berkecimpung di dalamnya," katanya.

Menurutnya kemajuan pariwisata bisa dimanfaatkan oleh pemuda dengan menjadi pemandu wisata, menggerakkan jasa perjalanan wisata, menjual oleh-oleh dan lainnya.

Selain itu mempertahankan kebudayaan juga merupakan langkah efektif yang dilakukan pemuda dalam mendukung pengembangan pariwisata.

"Selain alam yang indah dan eksotis, kebudayaan merupakan salah satu poin yang menjadikan wisatawan tertarik berkunjung ke sebuah daerah," katanya lagi.

Ketua DPD KNPI Pesisir Selatan yang baru saja dilantik Ronal Bernando menyebutkan akan fokus menggerakkan pemuda dan pemudi di daerah itu dalam menyokong kemajuan pariwisata.

"Hal tersebut merupakan poin penting selama saya menjabat sebagai Ketua DPD KNPI Pesisir Selatan," ujarnya.

Langkah yang akan dilakukan diantaranya mengumpulkan pemuda yang terlibat langsung di dunia kepariwisataan dan selanjutnya mengagendakan beberapa kegiatan. (*)