44 Anak Tanah Datar Operasi Bibir Sumbing

id bibir sumbing

44 Anak Tanah Datar Operasi Bibir Sumbing

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi tengah menggendong anak yang akan dioperasi bibir dan langit-langit mulut di Indojolito Batusangkar, Jumat (20/10).  (Antara Sumbar/ Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Sebanyak 44 anak yang menderita cacat pada bibir dan langit-langit dilakukan operasi gratis oleh tim medis di RSUD Ali Hanafiah Batusangkar, Jumat.

Para pasien bibir sumbing dan cacat langit-langit mulut tersebut mendapatkan penanganan dari dokter spesialis bedah mulut dan bedah umum berstandar internasional.

"Kondisi mulut anak-anak ini akan bisa kita perbaiki kembali normal atas kerjasama para dokter gigi, spesialis bedah mulut dan bedah umum tanpa dibebani biaya," kata Ketua Pelaksana drg. Sherly Gusvi Enggraini.

Dari seluruh pasien yang didaftarkan untuk dilakukan operasi tersebut, terkumpul atas kerjasama dengan PKK Tanah Datar terutama di 14 kecamatan dan nagari.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, mengatakan kegiatan operasi bibir sumbing dan langit-langit mulut tersebut terlaksana atas kerjasama dengan RS Aisyiyah Muhamadiyah Padang melalui Smile Tran.

"Kerja sama ini telah disampaikan sejak setahun yang lalu, namun untuk mengumpulkan minimal 20 orang pasien tidak terwujud, dan baru saat ini panitia berhasil mengumpulkan 44 orang pasien dalam kurun waktu tiga minggu saja," katanya.

Operasi yang digelar tersebut telah berstandar internasional dan akan dilaksanakan di RSUD Ali Hanafiah dan diharapkan pelaksanaannya berjalan lancar dan sukses agar mampu mengembalikan senyuman manis para pasien.

"Agenda ini akan terus dilaksanakan tahun berikutnya karena masih banyak putra-putri Tanah Datar yang mengalami hal yang sama," katanya. (*)