TdS Kian Dekat, Legislator Dorong Perbaikan Jalan Lekas Tuntas

id TdS

TdS Kian Dekat, Legislator Dorong Perbaikan Jalan Lekas Tuntas

Arsip - Sejumlah pebalap sepeda beradu kecepatan pada etape pertama Tour de Singkarak 2016 di dekat Danau Singkarak, Solok, Sumatera Barat, Sabtu (6/8/2016). ( ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Wakil Ketua DPRD Solok Selatan, Sumatera Barat, Armen Syahjohan mendorong agar perbaikan jalan nasional Solok-Solok Selatan selesai sebelum event Tour de Singkarak (TdS) tahun ini digelar.

"Pada peluncuran TdS 2017 oleh Kementerian Pariwisata Solok Selatan masuk dalam rute balap sepeda tersebut. Kami terus mendorong agar perbaikan jalan yang selama ini menjadi kendala kenapa event internasional itu tidak melintasi Solok Selatan bisa segera rampung sebelum TdS digelar," ujarnya ketika dihubungi di Padang Aro, Kamis.

Masyarakat Solok Selatan, yang berjarak sekitar 160 kilometer dari Kota Padang, haus hiburan, terkhusus event internasional seperti TdS. Solok Selatan pernah batal dilalui para pebalap TdS pada 2016 karena kondisi jalan rusak.

"TdS adalah hiburan. Sekaligus ini merupakan ajang promosi potensi daerah," ujarnya.

Ia meminta etikad baik agar pengerjaan jalan nasional tersebut bisa selesai sebelum TdS. "Jika memang harus lembur, ya apa boleh buat," lanjutnya.

Meskipun begitu dirinya optimistis pengerjaan perbaikan jalan tersebut tuntas sebelum TdS digelar.

Sebelumnya Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional III Padang, Saiful Anwar menyebutkan perbaikan jalan dari Kabupaten Solok menuju Padang Aro, Solok Selatan yang rusak parah, bisa selesai pada November 2017 sebelum TdS dimulai.

"PHO atau serah terima pekerjaan untuk jalan ini dijadwalkan pertengahan Desember 2017. Ditargetkan sebulan sebelum itu selesai dikerjakan," katanya.

Jalan Solok-Padang Aro, Solok Selatan sepanjang 140 kilometer ditetapkan menjadi salah rute TdS 2017 pada etape VI. Ruas jalan tersebut hingga kini masih dalam pengerjaan perbaikan. Padahal TdS telah diluncurkan di Jakarta pada 15 Oktober 2017.

TdS ke sembilan kalinya dijadwalkan akan digelar pada 18 hingga 26 November 2017.

Balap sepeda internasional ini akan diikuti oleh peserta 20 tim sepeda masing-masing 15 tim international dan lima tim nasional dari 30 negara.

Tds 2017 dengan sembilan etape berjarak tempuh 1226 kilometer melalui 18 kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

Grand Start akan dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar dan Grand Finish di Kota Bukittinggi dengan total hadiah Rp2,3 miliar. (*)