Polres-Pemkot Bukittinggi Kerja Sama Bina Calon Anggota Polri

id polri

Polres-Pemkot Bukittinggi Kerja Sama Bina Calon Anggota Polri

Penandatanganan kesepakatan bersama antara Polres Bukittinggi dan pemerintah daerah setempat menyangkut kerjasama pembinaan dan pelatihan calon anggota Polri 2018. (istimewa)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), bersama pemerintah daerah setempat menjalin kerjasama melakukan pembinaan dan pelatihan bagi siswa daerah tersebut sebagai calon anggota Polri 2018.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana di Bukittinggi, Jumat, mengatakan untuk menjaring sumber daya manusia berkualitas sebagai calon anggota kepolisian memerlukan persiapan matang.

"Diperlukan strategi agar putra daerah dapat berperan. Lewat kerja sama ini, diharapkan pemkot ikut menyiapkan siswa yang ingin bergabung dengan kepolisian," katanya.

Ia menerangkan, pemkot diharapkan menyosialisasikan pada siswa SMA sejak kelas X karena dalam perekrutan juga akan mempertimbangkan kemampuan akademik siswa.

Pembinaan dan pelatihan calon anggota Polri berlangsung selama enam bulan mulai September 2017 sampai Februari 2018.

Selama September hingga Oktober 2017, dilakukan pendataan calon peserta yang merupakan siswa SMA dan sederajat kelas XII dan dilakukan seleksi.

Selanjutnya pada November 2017 hingga Januari 2018 pembinaan dan pelatihan bagi calon peserta dan pada Februari 2018 dilakukan penilaian kemampuan calon peserta setelah mengikuti pembinaan.

Sementara Wakil Wali Kota setempat, Irwandi menilai pemerintah daerah sudah seharusnya memiliki tanggung jawab ikut membina dan melatih calon anggota kepolisian.

"Diakui saat ini jumlah personel Polres Bukittinggi memang masih kurang apalagi wilayah kerja hingga ke Kabupaten Agam bagian Timur. Kami berharap nanti akan banyak putra daerah yang bergabung," katanya.

Melalui kerja sama tersebut ia menilai perlu membentuk kepanitiaan bersama untuk berkoordinasi membina calon anggota.

"Dengan begitu ada kesamaan informasi dalam persiapan sehingga putra daerah mampu bersaing mengikuti seleksi penerimaan anggota Polri," ujarnya. (*)