Pemkab Dharmasraya Tingkatkan Pelayanan Kependudukan

id SUTAN RISKA

Pemkab Dharmasraya Tingkatkan Pelayanan Kependudukan

Bupati Sutan Riska (Kanan) melihat pelayanan yang dilakukan petugas saat mengelar Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat, Senin (16/10). (ANTARA SUMBAR/Humas Pemkab Dharmasraya)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Sutan Riska mengatakan pihaknya akan meningkatkan pelayanan kependudukan sehingga masyarakat merasa lebih mudah dalam melakukan pengurusan dokumen kependudukan.

"Pelayanan kependudukan harus berjalan dengan baik, jangan sampai pelayanan yang tidak maksimal membuat warga yang berurusan merasa dipersulit," katanya di Pulau Punjung.

Hal itu disampaikan bupati saat menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Dharmasraya, Senin (16/10).

Pada kesempatan itu bupati melihat langsung pelayanan yang diberikan pegawai. Ia juga berdialog dengan sejumlah masyarakat yang sedang melakukan pengurusan dokumen kependudukan.

"Ini untuk memastikan apakah pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sudah berjalan dengan sebagian mana mestinya," ujarnya.

Menurutnya Disdukcapil harus mampu melayani masyarakat dengan baik. Jika sarana penunjang kurang maka ajukan anggaran ke Pemkab Dharmasraya.

Ia juga mengingatkan agar para petugas Disdukcapil dapat mendata penduduk dengan benar.

Ia mengharapkan kepada para petugas Disdukcapil benar-benar bekerja jangan mempersulit warga.

"Pelayanan kepada masyarakat terus ditingkatkan. Jangan minta dilayani tetapi tugasnya melayani," tambahnya. (*)