Antara Sumbar Dukung Pengembangan Pariwisata Pesisir Selatan

id #pariwisata pesisir Selatan

Antara Sumbar Dukung Pengembangan Pariwisata Pesisir Selatan

Kepala LKBN Antara Biro Sumbar, Azhari menyerahkan cenderamata kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pesisir Selatan, Junaidi, didampingi Kabag Humas Pesisir Selatan Wendi dan Pewarta Antara Ikhwan Wahyudi. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Sumatera Barat siap mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Pesisir Selatan melalui pemberitaan.

"Alam Pesisir Selatan menyuguhkan pemandangan yang indah seperti Kawasan Wisata Mandeh, Pantai Carocok Painan dan lainnya. Kami siap mendukung pengembangannya melalui pemberitaan," kata Kepala LKBN Antara Biro Sumbar, Azhari di Painan, ketika bertatap muka dengan pejabat daerah itu, Senin.

Ia menyebutkan dengan adanya pemberitaan secara terus menerus maka popularitas objek wisata di kabupaten itu akan meningkat.

Sebagai kantor berita, Antara tidak hanya memproduksi berita dalam bentuk teks namun juga foto dan video sehingga memudahkan masyarakat menyerap informasi seputar perkembangan pariwisata di Kabupaten Pesisir Selatan.

Antara juga menjadi corong informasi tidak hanya di dalam, namun juga luar negeri, sehingga apa pun pemberitaan mengenai pariwisata Pesisir Selatan ikut tersebar luas.

Selain itu, menurut Azhari, Antara Biro Sumbar juga siap bersinergi dengan berbagai program yang digalakkan pemkab setempat di antaranya "Solar Bit System" yang akan menghimpun berbagai informasi di daerah itu.

"Kami siap memberikan pelatihan kepada siapa saja yang dipercaya Pemkab Pesisir Selatan untuk menggerakkan "Solar Bit System"," katanya lagi.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Pesisir Selatan, Wendi menyebutkan kerja sama antara pemkab setempat dengan Antara Biro Sumbar sudah terjalin sejak 2007 dan berlanjut hingga 2017.

"Berita-berita yang diproduksi pewarta Antara Biro Sumbar cukup membantu penyebarluasan berbagai informasi di Kabupaten Pesisir Selatan," kata Wendi.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pesisir Selatan, Junaidi menjelaskan "Solar Bit System" akan menghimpun berbagai informasi di daerah itu yang digerakkan oleh aparatur pemkab setempat mulai dari nagari (desa adat) hingga tingkat kabupaten.

"Sinergi dengan Antara Sumbar tentu kami butuhkan terutama dalam hal pelatihan seputar jurnalistik kepada aparatur yang nantinya akan menghimpun berita ke "Solar Bit System"," katanya.

Pada pertemuan tersebut dari Antara Sumbar selain dihadiri oleh Azhari juga dihadiri Kepala Divisi Bisnis Antara Sumbar, Siri Antoni, Redaktur Antara Sumbar, Ikhwan Wahyudi dan juga kontributor Antara Sumbar di Pesisir Selatan, Didi Someldi Putra.

Sementara pejabat Pemkab Pesisir Selatan selain, Junaidi dan Wendi juga hadir Kasubag Pemberitaan dan Publikasi Hubungan Masyarakat Pesisir Selatan, Wildan, Kasubag Dokumentasi, Yendi, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi Pesisir Selatan, Adri dan lainnya. (*)