UNP Gelar Seminar Internasional Tentang Bahasa-Seni

id UNP

UNP Gelar Seminar Internasional Tentang Bahasa-Seni

UNP. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, akan menggelar seminar internasional "The Sixth Conference on Languages and Arts (ICLA6)" bertema inovasi bahasa dan seni pada 18-19 Oktober 2017.

"Pemakalah utama seminar ini berjumlah tujuh orang, berasal dari luar dan dalam negeri. Sementara dari peserta terdapat 104 makalah," kata Dekan Fakultas Bahasa dan Seni M Zaim, di Padang, Senin.

Beberapa di antara pemakalah utama itu adalah Heldi (Universitas Negeri Padang), Jonathan Newton (Victoria University), John Yandell (University College London), Angelina Kubanek (University of Braunsweig Germany), dan lainnya.

Ia mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Atlantis Press agar makalah yang terseleksi nantinya dapat diterbitkan dan terindeks secara internasional.

Menurutnya kegiatan itu digelar dalam rangka Dies Natalis ke-63 UNP, dan Hari Bulan Bahasa yang diperingati bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober.

Ia juga menyebutkan seminar nanti juga akan diikuti oleh 200 peserta pasif yang terdiri dari guru, dosen, serta penggiat bahasa dan pelaku seni daerah itu.

Ia memaparkan pada awalnya terdapat 189 makalah yang masuk ke panitia dengan mendaftarkan abstraknya secara dalam jaringan (Daring), hingga akhirnya terpilih 104 makalah.

"Semoga kegiatan ini bisa menunjang inovasi dan memberikan pembaharuan bahasa dan seni," katanya.

Sementara Rektor UNP Ganefri, menyambut baik kegiatan yang diusung oleh Fakultas Bahasa dan Seni itu.

Hal itu karena dinilai sejalan dengan visi UNP yang sedang menuju universitas bebasis riset dan penelitian.

"Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat. Karena sebagai universitas berbasis riset, dosen harus menyeimbangkan pendidikan pengajaran, dengan kegiatan penelitian. Agar didapat ilmu yang sifatnya pembaruan," jelasnya. (*)