Ribuan Pelajar Ikuti Gala Desa di Bukittinggi, Ciptakan Generasi Sehat

id GALA DESA

Ribuan Pelajar Ikuti Gala Desa di Bukittinggi, Ciptakan Generasi Sehat

1.434 peserta Gala Desa di Bukittinggi terdiri dari utusan kelurahan dan pelajar tingkat SD hingga SMA. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Sebanyak 1.434 peserta yang berasal dari perwakilan kelurahan dan pelajar mengikuti Gala Desa di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) yang dilaksanakan pada 14 sampai 31 Oktober 2017.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemudan dan Olahraga setempat, Erwin Umar di Bukittinggi, Sabtu, mengatakan Gala Desa digelar dengan tujuan mengangkat potensi olahraga masyarakat mulai dari tingkat kelurahan dan pelajar tingkat SD hingga SMA.

"Potensi yang muncul diharapkan nanti dapat dibina dan dikembangkan hingga berprestasi ke tingkat yang lebih tinggi," katanya

Selanjutnya melalui olahraga diharapkan menciptakan masyarakat yang sehat dan terutama bagi pelajar agar tercipta generasi berkarakter tangguh dan disiplin.

Ia menyebutkan, enam cabang olahraga dipertandingkan dalam Gala Desa yaitu sepakbola, bulutangkis, tenis meja, atletik, sepak takraw dan bola voli.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan dilaksanakan di sejumlah sarana olahraga yaitu Lapangan Atas Ngarai, Sport Hall, Lapangan Belakang Balok, aula SMP 4 Bukittinggi dan Gulai Bancah.

Wali Kota setempat, M Ramlan Nurmatias menyampaikan agar Gala Desa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para peserta.

Dalam mengikuti kompetisi olahraga, dirinya menargetkan agar daerah itu manfaatkan potensi asli anak muda asal Bukittinggi.

"Gala Desa bisa dimanfaatkan untuk mencari potensi itu. Selanjutnya diharapkan anak-anak menjadikan olahraga sebagai kebutuhan dan setiap lurah diminta membantu menyediakan sarana olahraga di lingkungan masing-masing dengan memanfaatkan lahan yang ada," ujarnya. (*)