Solok Lokasi Start Etape 6 TdS 2017

id Elvi Basri

Solok Lokasi Start Etape 6 TdS 2017

Kepala Dinas Pariwisata Solok, Elvi Basri. (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Solok, (Antara Sumbar) - Kota Solok, Sumatera Barat menjadi lokasi start pebalap etape 6 Tour de Singkarak (TdS) yang dihelat pada 16 hingga 26 November 2017.

"Pebalap TdS etape 6 start pada 23 November 2017 di Solok dan finish di Solok Selatan," kata Kepala Dinas Pariwisata Solok, Elvi Basri di Solok, Jumat.

Ia mengatakan even TdS akan dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata dan menunjukkan potensi yang ada.

Pihaknya akan mengadakan acara 'city tour' atau tur keliling kota bersama undangan, pelatih, dan atlet untuk menikmati keindahan kota itu sebelum acara lomba.

Walaupun Kota Solok tidak memiliki banyak objek wisata, tapi pihaknya akan berusaha menunjukkan kesenian tradisional setempat dan keindahan kota kepada peserta yang hadir.

Objek wisata di Solok seperti Taman Pulau Belibis sedang dalam masa perbaikan, selain itu ada Laing Park, dan Air Terjun Sarasah Batimpo yang bisa dinikmati pengunjung.

Karena Kota Solok bukan lokasi finis dan sebagian menjadi rute perlintasan saja, kemungkinan pengunjung dari pusat akan menginap di kota tetangga seperti Sawahlunto atau Padang Panjang yang hotelnya lebih memadai.

"Tetapi kita tetap menyosialisasikan kepada hotel-hotel, penginapan, dan rumah makan untuk memperbaiki pelayanan kepada pengunjung karena bisa saja ada yang singgah pada even TdS ini," ujarnya.

Persiapan fisik Kota Solok menuju TdS sudah mencapai 75 persen, Dinas Pariwisata akan menampilkan berbagai kesenian tradisional berupa tarian, silek dan lainnya pada pembukaan start etape 6 nantinya.

Para penari dan tim kesenian sudah melakukan latihan berbulan bulan lalu, apalagi tim seni ini juga diundang Kementerian Pariwisata untuk tampil di Jakarta pada 15 Oktober 2017.

Menurutnya persiapan kota sudah hampir memadai, tinggal pengaspalan jalan yang menjadi kewenangan Dinas PU Sumatera Barat untuk perbaikan jalan berlubang dan rusak.

Ia berharap masyarakat turut serta memeriahkan acara ini dengan memberikan sambutan yang baik kepada pengunjung. (*)