Rabu, 18 Oktober 2017 - 28 Muharram 1439 H

Gusmal: Tingkatkan Kualitas Hidup dengan KB Kesehatan

Bupati Solok Gusmal memukul gong saat pencanangan hari Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan tingkat kabupaten 2017 dan peresmian Kampung KB di Jorong Aia Sonsang, Nagari Air Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti. (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)
Arosuka, (Antara Sumbar) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal mengajak masyarakat daerahnya untuk meningkatkan kualitas hidup melalui program Keluarga Berencana Kesehatan (KB Kes) pada pencanangan hari Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan tingkat kabupaten 2017 dan peresmian Kampung KB di Jorong Aia Sonsang, Nagari Air Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti.

"Untuk menyukseskan program gerakan pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga KB Kesehatan (PKK-KB-Kes) perlu adanya sinergisitas semua elemen dan stakeholder, dalam menyatukan langkah yang nyata, " ujarnya di Lembah Gumanti, Kamis.

Ia mengatakan jangan jadikan gerakan PKK-KB-Kesehatan sebatas mengejar akselerasi capaian kinerja di tiga bulan ke depan, tapi bekerja konkrit dengan semua pelaku komponen yang ditujukan pada perubahan prilaku masyarakat, untuk hidup bersih dan sehat.

Seluruh camat, wali nagari dan instansi terkait seperti Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan tokoh masyarakat diharapkan untuk dapat bersinergi dalam menyukseskan kegiatan program PKK- KB dan kampung KB di setiap nagari, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan memahami tujuan yang diperoleh dari program KB tersebut.

"Pemkab Solok terus berupaya untuk meningkatkan kualitas penduduk, dengan cara melalui pengendalian laju pertumbuhan penduduk dan mengatasi kemiskinan, tidak hanya sebatas pada pengaturan jarak dan pembatasan jumlah kelahiran, tetapi mencakup upaya peningkatan kesejahteraan keluarga sehingga mandiri," ujarnya.

Ia mengapresiasi kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan yang telah banyak menunjukkan nilai positif dan hasil yang nyata di tengah masyarakat, serta mendapatkan pengakuan yang luas.

Untuk tahun 2017, periode Oktober sampai Desember, Solok diberi target program KB sebanyak 7.502 akseptor oleh BKKBN Sumbar. Untuk mencapai semua itu, harus diaktifkan lagi posyandu yang memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh palayanan kesehatan bagi ibu dan anak.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Desna Devi Gusmal mengharapkan semua pelaksana kegiatan PKK KB Kesehatan yang dimulai dari 1 Oktober sampai 30 Desember 2017 untuk dapat memegang prinsip kebersamaan, keterpaduan dan pelayanan yang berkualitas.

Salah satu prestasi Kabupaten Solok pada Tahun 2017, pada peringatan hari keluarga nasional (Harganas) ke XXIV 2017 di Provinsi Lampung meraih juara III tingkat Nasional untuk kategori lomba perilaku hidup sehat, dan Juara II Prakarti Utama dalam pelaksanaan program pencegahan dan deteksi dini penyakit kanker serviks (Leher rahim) dan kanker payudara.

Ia menyebutkan bahwa kita ingin dalam keadaan dan situasi apapun kader PKK selalu memberikan pembinaan terhadap masyarakat khususnya tentang keluarga berencana. Melalui kampung KB tahun 2017 ini, setiap kecamatan ditargetkan harus membentuk 1 kampung KB.

Operasional kegiatan PKK KB Kesehatan akan difokuskan kepada upaya peningkatan partisipan keluarga dan masyarakat dalam pelayanan keluarga berencana.

"Karena kita sadari masih banyak pasangan usia subur belum memahami apa makna dari pentingnya punya keluarga kecil," ujarnya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
Padang, (Antara Sumbar) -Waktu menunjukan pukul 06.50 WIB saat bunyi bel memecah keceriaan pagi di SD Bustanul Ulum yang ...
Baca Juga