Selasa, 17 Oktober 2017 - 27 Muharram 1439 H

KONI Sumbar Minta Cabor Gelar Pra-Porprov

Logo KONI.
Padang, (Antara Sumbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar meminta cabang olahraga yang akan ikut dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 untuk menggelar pertandingan kualifikasi atau pra jelang ajang tersebut pada 2018.

"Tidak ada toleransi bagi cabang olahraga yang tidak menggelar Pra-Porprov dipastikan absen pada perhelatan di Padang Pariaman tersebut," kata Ketua Umum KONI Sumbar, Syaiful di Padang, Kamis.

Keharusan menggelar Pra-Porprov ini untuk melihat keseriusan cabang olahraga dalam menampilkan atlet dalam pertandingan.

Mengingat Porprov XV mendatang menjadi batu loncatan persiapan jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020, atlet yang ikut merupakan potensi yang dimiliki daerah, bukan sembarangan atau titipan pengurus cabang.

Selain itu atlet yang akan ikut Porprov juga wajib turut serta dalam pra nya, meski statusnya atlet binaan atau berprestasi internasional.

Di samping itu termasuk atlet berskala nasional, bila ingin ikut PON juga diharuskan turun di ajang Porprov.

"Ini sebagai komitmen KONI dalam mengejar prestasi dan ajang olahraga yang berkualitas," tambah dia.

Selain itu khusus bagi gelaran Porprov tujuannya agar lebih berkualitas dan menarik minat penonton.

Sedangkan bagi daerah tentu akan lebih mengefisiensikan anggaran, sebab atlet yang bertanding telah lolos kualifikasi dan berkualitas.

"Jadi tidak ada lagi paradigma Porprov sebagai ajang atlet untuk coba-coba," ujarnya.

Sementara itu Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar melalui Kepala Bidang Olahraga Rasydi Sumetry berharap masyarakat ikut serta dalam memajukan olahraga.

Langkah KONI perlu ditindaklanjuti dengan inovasi dalam olahraga seperti pembentukan Pusat Pembinaan Latihan Pelajar (PPLP) di daerah.

Kemudian dalam menggelar kejuaraan mulai dari dini dilakukan secara sistematis, bertahap dan berkelanjutan. (*)





Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
Padang, (Antara Sumbar) -Waktu menunjukan pukul 06.50 WIB saat bunyi bel memecah keceriaan pagi di SD Bustanul Ulum yang ...
Baca Juga