Pesisir Selatan Siap Swasembada Jagung, 10.000 Ha untuk Tanam Jagung

id Jagung

Pesisir Selatan Siap Swasembada Jagung, 10.000 Ha untuk Tanam Jagung

(ANTARA FOTO)

Painan, (Antara Sumbar) - Kabupaten Pesisir Selatan siap menanam jagung seluas 10.000 hektare yang benihnya 150 ton bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dalam upaya mewujudkan swasembada jagung di daerah itu.

"Bantuan benih tersebut semuanya telah disalurkan dan juga telah ditanami," kata Kepala Dinas Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sumatera Barat Candra di Painan, Rabu.

Hal itu dikatakannya usai panen jagung serentak di hamparan Kelompok Tani Tunas Muda, Nagari Pelangai Kaciak, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan.

Dengan alokasi itu pihaknya menargetkan produksi jagung di Pesisir Selatan sebanyak 143.953 ton pada 2017.

Pesisir Selatan merupakan salah satu sentra jagung di daerah itu dengan produksi jagung pada 2015 mencapai 108.976 ton dan pada 2016 meningkat menjadi 158.160 ton.

Hingga September 2017, realisasi tanam jagung di Pesisir Selatan telah mencapai 16.493 hektare dan yang telah panen seluas 19.910 hektare.

Pengalokasian benih jagung 150 ton tersebut dilakukan sebagai upaya memenuhi luas tanam jagung provinsi setempat yang ditargetkan oleh pusat seluas 125.593 hektare dengan targetkan produksi jagung sebanyak satu juta ton pada 2017.

Selain itu untuk memenuhi target tersebut berbagai upaya juga dilakukan seperti pengalokasian benih ke 10 kabupaten kota lain yang memiliki areal tanam serta menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian.

"Mencapai target tersebut tidaklah mudah selain butuh kerja keras dan sokongan dari pihak terkait kami juga membutuhkan kerja sama TNI AD," katanya.



Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni sedang memetik jagung.

Selain itu juga dibutuhkan keseriusan petani karena dari data yang dikantonginya terdapat banyak lahan potensial namun masih belum optimal pemanfaatannya. (*)