Wabup Pasaman Ajak Masyarakat Cukupi Gizi dari Sayuran dan Buah

id Atos Pratama

Wabup Pasaman Ajak Masyarakat Cukupi Gizi dari Sayuran dan Buah

Wabup Pasaman, Atos Pratama. (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati (Wabup) Pasaman, Sumatera Barat, Atos Pratama mengajak masyarakat di daerah itu untuk meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mencukupi gizi dari tumbuhan.

"Mengonsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman sangat penting bagi tubuh terutama pada anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan," katanya pada sosialisasi gemar mengonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan bagi anak di Lubuk Sikaping, Selasa.

Kegiatan ini, katanya sebagai upaya untuk meningkatkan konsumsi sayuran dan buah untuk meningkatkan mutu makanan masyarakat.

"Kita berharap kegiatan sosialisasi seperti ini selalu rutin digelar setiap tahunnya," katanya.

Menurutnya, menciptakan hidup sehat itu tidak hanya tanggung jawab pemerintah daerah saja, tapi juga masyarakat itu sendiri.

"Jika kita rajin mengonsumsi sayuran dan buah serta berolahraga maka tubuh kita juga akan sehat. Aktivitas sehari-hari juga lancar," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pasaman Dwi Hadiah mengatakan sosialisasi gemar mengonsumsi sayuran dan buah ini dikemas dalam bentuk lomba makan sayuran dan buah.

Kegiatan lomba ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan bersama Rumah Sakit Umum Daerah Lubuk Sikaping.

Lomba makan sayur dan buah ini bertujuan untuk menarik hati anak-anak agar suka mengonsumsi sayur dan buah setiap harinya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 34 pelajar yang berasal dari 17 Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Lubuk Sikaping.

"Setiap sekolah mengutus dua orang pelajar," ujarnya.

Kepala Tata Usaha RSUD Lubuk Sikaping Ida Trisna mengatakan saat ini minat masyarakat dalam mengonsumsi sayur dan buah masih dinilai rendah.

"Oleh sebab itu, melalui lomba ini kita ingin mengenalkan sayuran dan buah yang kaya manfaat kepada masyarakat," katanya.

Ia berharap mengonsumsi sayuran dan buah tidak hanya dalam perlombaan ini saja, namun juga dilaksanakan setiap hari di rumah. (*)