Selasa, 17 Oktober 2017 - 27 Muharram 1439 H

Skripsi Pesanan Bisa Dibeli Lewat Online, Ini Buktinya

Ilustrasi. (https://prelo.co.id)
Jakarta, (Antara Sumbar) - Pembuatan skripsi ternyata tidak hanya bisa dilakukan seorang mahasiswa yang ingin menyelesaikan kuliahnya karena ternyata ada juga orang-orang yang siap membantu pembuatan skripsi itu dengan imbalan kurang lebih Rp4,5 juta per skripsi.

Antara pada hari Selasa berusaha melacak orang-orang tertentu yang siap menawarkan pembuatan skripsi "abal-abal" itu.

Pembuatan skripsi tiga bab pertama dikerjakan setelah pembuat menerima uang muka sebesar Rp1,5 juta dan diselesaikan dalam jangka waktu satu minggu.

Jangka waktu pembuatan skripsi secara keseluruhan tidak dapat dipastikan karena disesuaikan dengan revisi-revisi dari dosen.

Pembuat skripsi mengatakan melalui pesan singkat bahwa skripsi yang dibuat dapat dipastikan akan diterima dosen dan dipastikan lulus. Selain itu, ia juga menerima revisi-revisi dari dosen dan dibuat seperti yang diminta.

Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung dari jurusan mahasiswa. Sebagai contoh, Jurusan Ilmu Komunikasi biaya keseluruhan dalam pembuatan skripsinya adalah Rp4,5 juta terdiri atas uang muka Rp1,5 juta, bab satu Rp800 ribu, bab dua Rp800 ribu, bab tiga Rp700 ribu, dan untuk bab empat serta lima Rp700 ribu.

Jika pembuatan skripsi membutuhkan buku sebagai acuan, maka akan diminta tambahan biaya untuk pembelian buku yang harganya disesuaikan dengan harga buku itu.

Jasa pembuatan skripsi saat ini sudah sangat sulit ditemui langsung. Banyak dari mereka menutup jasa pembuatan dan ada juga yang beralih untuk menerima jasa pengetikan skripsinya saja.

Seorang penerima jasa pengetikan skripsi yang ditemui di sebuah gang kecil di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat mengatakan tidak pernah menerima pembuatan skripsi, hanya menerima jasa pengetikannya saja. Materi dan bahan-bahan yang dibutuhkan berasal dari mahasiswanya. Pengetikan skripsi dapat diselesaikan kurang lebih dua minggu sudah lengkap dengan revisi-revisi dari dosen.

"Saya tidak pernah menerima order untuk pembuatan skripsi, hanya pengetikannya saja. Pembuatan skripsinya sulit jadi saya tidak pernah menerima. Kalau pengetikan, bahan dan materi dari mahasiswa, jadi saya terima jadi tinggal ketik saja sudah lengkap dengan revisi dari dosennya. Biaya untuk pengetikan skripsi Rp3.000/lembar," kata seseorang yang menjual jasa pengetikan itu pula.

Menurut penerima jasa pengetikan skripsi yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan jasa pembuatan skripsi dahulu banyak ditemukan di Jalan Pramuka, Jakarta.

Namun, sekarang sudah jarang bahkan tidak dapat ditemui lagi. Hal itu disebabkan karena orang-orang yang membuka jasa tersebut sudah malas, pengerjaannya sulit, dan takut terdeteksi oleh pihak yang berwajib. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
Padang, (Antara Sumbar) -Waktu menunjukan pukul 06.50 WIB saat bunyi bel memecah keceriaan pagi di SD Bustanul Ulum yang ...
Baca Juga