Rabu, 18 Oktober 2017 - 28 Muharram 1439 H

Gol Tunggal Aleksandar Prijovic Bawa Serbia ke Piala Dunia 2018

Piala Dunia Rusia 2018. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)
Beograd, (Antara Sumbar) - Serbia lolos ke Piala Dunia 2018 setelah gol pemain pengganti Aleksandar Prijovic di menit ke-74 membawa mereka menang 1-0 atas tamunya Georgia pada Senin, dan membuat mereka dapat finis sebagai juara Grup D dengan 21 poin dari sepuluh pertandingan.

Ini merupakan kedua kalinya Serbia mencapai putaran final sebagai negara merdeka, setelah sebelumnya tersingkir di fase grup turnamen 2010 di Afrika Selatan dan kemudian absen pada tiga ajang akbar sepak bola berikutnya.

Prijovic mengemas gol penentu kemenangan dengan penyelesaian bagus untuk menghibur para penggemar tuan rumah di Stadion Rajko Mitic Red Star, yang menyalakan suar untuk merayakannya setelah ia mencetak gol, sedangkan kembang api dinyalakan oleh panitia penyelenggara setelah peluit panjang berbunyi.

"Terima kasih banyak untuk dukungan fantastis Anda dan kami tidak sabar untuk bermain demi Anda di Rusia," kata kapten Serbia Branislav Ivanovic di lapangan kepada para penonton.

Serbia memberikan banyak tekanan, namun justru Georgia yang terlihat lebih berpeluang mencetak gol pada babak pertama.

Dengan tim tuan rumah terlihat gugup dan kurang tenang, Georgia nyaris membukukan gol pada menit ke-17 ketika gelandang Valerian Gvilia memaksa kiper Serbia Vladimir Stojkovic melakukan penyelamatan bagus.

Serbia mendapatkan peluang pertama mereka pada menit ke-39, ketika kapten tim tamu Giorgio Makaridze memblok tembakan Dusan Tadic dari sudut sempit.

Mendapat cemooh dari para penggemar mereka saat turun minum, Serbia kemudian keluar dengan tujuan yang diperbarui setelah waktu istirahat dan gelandang bertahan nemanja Gudelj melepaskan tembakan yang melambung di atas mistar gawang pada menit ke-48.

Tidak lama kemudian, penyerang Aleksandar Mitrovic melepaskan tandukan jarak dekat yang dapat digagalkan Makaridze dan kemudian upaya lain masih melebar ke tiang jauh saat tim tuan rumah mencoba menggebrak.

Sundulan Ivanovic masih melebar setelah tendangan sudut pada menit ke-67 dan Nemanja Matic melepaskan tembakan yang disapu sebelum melewati garis gawang beberapa menit kemudian, ketika Serbia menggempur gawang Georgia dengan umpan-umpan silang dari kedua sisi.

Prijovic akhirnya memecah kebuntuan dengan penyelesaian dari jarak dekat setelah mitranya di lini depan Mitrovic mengirimkan umpan silang mendatar, menyusul laju cepat Ivanovic dari lapangan tengah.

Serbia mempertahankan keunggulan mereka dengan nyaman pada fase akhir pertandingan, mengetahui bahwa mereka telah berada di posisi aman ketika Irlandia menang 1-0 di Wales untuk mengunci peringkat kedua di Grup D sekaligus mengamankan tiket playoff. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
Padang, (Antara Sumbar) -Waktu menunjukan pukul 06.50 WIB saat bunyi bel memecah keceriaan pagi di SD Bustanul Ulum yang ...
Baca Juga