Hamilton di Ambang Juara Dunia F1, Pupus Harapan Pebalap Ferrari

id formula

Hamilton di Ambang Juara Dunia F1, Pupus Harapan Pebalap Ferrari

Formula 1. (Antara)

Suzuka, Jepang (Antara Sumbar) - Lewis Hamilton kini tinggal selangkah lagi untuk meraih gelar juara dunia balap Formula 1 yang keempat kalinya, setelah memenangi Grand Prix Jepang bersama tim Mercedez, Minggu, sementara saingan terdekatnya Sebastian Vettel gagal finis di sirkuit Suzuka karena masalah mesin.

Pebalap Inggris yang start terdepan tersebut, finis lebih cepat 1,2 detik dari pebalap tim Red Bull Max Verstappen dan Daniel Ricciardo, sehingga kini memimpin 59 poin penuh dalam klasemen umum kejuaraan dunia.

Vettel dari tim Ferrari hanya berlomba hingga lap keempat sebelum masuk pit.

"Saya hanya menginginkan untuk mempertahankan gap ini. Dan saya tidak mengatakan bahwa gelar juara sudah ada di satu tanggan saya," kata Hamilton seusai lomba.

"Masih ada 100 poin yang bisa diperebutkan, jadi saya harus tetap menginjak pedal gas," tambahnya.

Kemenangan di Jepang pada Minggu itu merupakan gelar Grand Prix yang ke-61 dalam karir Hamilton, dan yang ketiga di sirkuit Suzuka.

Dengan semakin jauhnya gap poin atas peringkat kedua Vettel, maka Hamilton bakal bisa memastikan gelar juara pada balap selanjutnya di Austin, Texas, 22 Oktober mendatang.

Sementara itu Vettel menyatakan kecewa karena kegagalannya di GP Jepang ini membuat peluangnya untuk meraih gelar juara dunia tahun ini semakin pupus.

"Tentu ini menyakitkan, dan kami semua kecewa," kata Vettel yang terlihat memeluk para mekaniknya setelah masuk pit karena kerusakan mesin.

"Kini menurut saya kami harus bangkit, istirahat sebenar dan menyelesaikan empat seri balap terakhir dan melihat apa yang terjadi," kata Vettel. (*)