Capaian Luas Tanam Kedelai Solok Selatan 1.540 Hektare

id kedelai

Capaian Luas Tanam Kedelai Solok Selatan 1.540 Hektare

Kedelai. (Antara)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Capaian luas tanam kedelai di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat seluas 1.540 hektare atau 62 persen dari target 2.500 hektare.

"Dari 102 kelompok tani yang akan dikembangkan kedelai 95 persen di antaranya sudah menerima dana untuk pembelian saprodi UPSUS swasembada Kedelai tahun 2018," kata Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan Tri Handoyo Gunardi, di Padang Aro, Sabtu.

Dia mengatakan, Kadis Pertanian Solsel, Tri Handoyo, Upaya Khusus (Upsus) swasembada kedelai tahun 2018, Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1.260.900,- untuk setiap hektar lahan yang ditanami kedelai.

Bantuan ini katanya, dapat dimanfaatkan untuk membiayai pembelian benih kedelai berlabel, pembelian pupuk bersubsidi, dan saprodi lain sesuai kebutuhan kelompok.

Ketua kelompok tani Kuti Anyia Saiyo, M Ilyas, berharap petani kedelai diberi kepastian harga dan pemasaran.

"Kami juga butuh perbaikan akses jalan menuju lokasi perkebunan sejauh 3,5 kilometer," katanya.

Sebelumnya penanaman perdana kedelai dilakukan oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Jorong Sungai Sanda Nagari Lubuk Gadang Timu Kecamatan Sangir, Jum'at 6/10.

Dia mengatakan, untuk mencapai swasembada kedelai 2018, ditargetkan penanaman kedelai dengan luas mencapai 500 ribu hektare.

Untuk Sumbar sendiri ditargetkan seluas 15 ribu hektare dan 2500 hektare dikembangkan di Solok Selatan.

"Kami mengajak para petani untuk Bersungguh-sungguh dalam menanam kedele ini, untuk kesejahteraan para petani itu sendiri, termasuk para kelompok tani yang mendapatkan bantuan untuk berhati-hati dalam pemanfaatannya," katanya. (*)