Selasa, 17 Oktober 2017 - 27 Muharram 1439 H

Sumbar Upayakan Tuan Rumah Porwil Sumatera 2023

Ketum KONI Sumbar, Syaiful. (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Provinsi Sumbar mengupayakan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI pada 2023 sebagai ajang persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

"Bila menghitung siklus, perhelatan Porwil X tahun 2019 di Bengkulu menjadi provinsi terakhir di Sumatera yang menyelenggarakannya, ada kemungkinan kembali ke Sumbar," kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, Syaiful di Padang, Jumat.

Salah satu langkah yang dilakukan untuk menjadi tuan rumah tersebut yakni menyiapkan sarana prasarana dan fasilitas mendukung.

Saat ini masih tahap evaluasi tim, daerah mana yang siap, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun depan bisa menjadi gambaran.

Sumbar terakhir kali menggelar Porwil wilayah Sumatera pertama pada 1984 lalu, meski pada saat itu juga diikuti oleh kontingen Kalimantan Barat.

Artinya bila diukur periode empat tahun sekali serta jumlah provinsi yang telah menggelar ajang tersebut, Porwil Sumatera ke XI digelar di Sumbar.

"ini semua bagian dari motivasi bagi kontingen Sumbar untuk berprestasi lebih baik," ujarnya.

Fokus kali ini menghadapi perhelatan Porwil X di Bengkulu pada 2019 mendatang yang akan diikuti oleh atlet pada sebelas cabang.

Kesebelas cabang tersebut antara lain bola basket, bilyar, bulutangkis, catur, panjat tebing, pencak silat, renang, sepakbola dan sepak takraw.

Satu cabang yakni tinju masih tahap pertimbangan KONI Pusat dan PB Pertina.

"Porwil ini juga menjadi cerminan sekaligus penentuan atlet Sumbar menuju PON Papua 2020," kata dia. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
Padang, (Antara Sumbar) -Waktu menunjukan pukul 06.50 WIB saat bunyi bel memecah keceriaan pagi di SD Bustanul Ulum yang ...
Baca Juga