Wapres: Perbanyak Bangun Institut Teknologi Kejar Ketertinggalan Daerah

id Jusuf Kalla

Wapres: Perbanyak Bangun Institut Teknologi Kejar Ketertinggalan Daerah

Wakil Presiden Jusuf Kalla. ( Antara)

Lampung, (Antara Sumbar) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan perlu dibangun lebih banyak institut teknologi untuk keseimbangan dan mengejar ketertinggalan daerah.

"Sejak dulu saya ingin negeri ini maju dan seimbang maka sejak tahun 2000-an saya berpikir kenapa kita hanya punya dua institut saja di Jawa," kata Wapres pada Dies Natalis ketiga Institut Teknologi Sumatera (Itera) di Lampung, Jumat.

Dia mengatakan, kedua institut yang ada tersebut yaitu Institut Teknologi Bandung dan Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya, maka perlu dibangun lebih banyak lagi di luar Jawa.

"Maka saya minta pemda untuk menyumbangkan lahan, tapi entah kenapa dulu di Sumatera agak sulit yang siap adalah Makassar, makanya dibangun lebih dulu di sana," tambah dia.

Terkait Itera, ia bersyukur Pemda Lampung bersedia menyumbangkan lahan seluas 200 hektare yang dibantu oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang merupakan putra asli Lampung yang sebelumnya juga sebagai Menteri Kehutanan.

Dia juga mengatakan bahwa suatu institut teknologi harus mempunyai kekhususan, tidak seperti universitas lainnya yang hanya mengajarkan ilmu pengetahuan secara umum.

Pada kesempatan itu, Wapres juga memuji bangunan kampus Itera yang berkonstruksi modern karena menurut dia sebagai upaya untuk mengajak generasi muda melihat masa depan.

Menurut Wapres berbicara tentang teknologi berarti bicara tentang kemajuan dan masa depan. Jika kampus hanya mengingat kejayaan masa lalu, maka tidak berbeda dengan museum yang hanya menyimpan sejarah.

Jika melihat nama yang disematkan pada Itera yang mengambil nama Pulau Sumatera, berbeda dengan dua institut lainnya yang hanya menggunakan nama kota, maka Itera mengandung suatu harapan akan menjadi tumpuan ilmu pengetahuan bagi daerah lainnya.

"Ini adalah sebuah tantangan, maka perlu keseimbangan kalau tidak ini akan menjadi masalah ke depan. Kita tidak bisa hanya menumpukan pada Pulau Jawa saja, maka perlu dibangun lebih banyak lagi institut teknologi," ujar Wapres.

Wapres selain menghadiri Dies Natalis Itera, pada kesempatan itu juga memberikan orasi ilmiah dihadapan para civitas akademika.

Wapres dalam kunjungan kerjanya ke Lampung didampingi oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (*)