Pemkot Pariaman Matangkan Persiapan MTQ Tingkat Provinsi

id MTQ

Pemkot Pariaman Matangkan Persiapan MTQ Tingkat Provinsi

Ilustrasi - MTQ. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman Sumatera Barat terus mematangkan persiapan untuk melaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 tingkat provinsi yang diselenggarakan di kota itu.

"Secara keseluruhan persiapan semua pihak terkait sudah mencapai 60 hingga 70 persen dari berbagai sektor," kata Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Indra Sakti pada rapat panitia MTQ ke-37 di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan untuk menyukseskan MTQ ke-37 gubernur telah membentuk panitia berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang ditambah dengan dari pihak pemerintah daerah.

Panitia yang dibentuk oleh gubernur kata dia, memiliki peran secara keseluruhan dalam kegiatan itu, sedangkan dari pemerintah daerah khusus pada penanganan teknis di setiap tempat perlombaan.

"Jadi ada dua kepanitiaan yang dibentuk sekaligus, tujuannya agar kinerja semakin cepat dan kegiatan ini dapat terselenggara dengan maksimal," ujar dia.

Ia mengatakan MTQ tingkat provinsi tersebut diawali dengan penyambutan piala bergilir pada 2 November sampai dengan kegiatan puncak pada 10 November 2017.

Terkait penginapan para kafilah yang datang dari 18 kota dan kabupaten, pemerintah daerah telah menyiapkan berbagai tempat. Pelaksanaan MTQ tingkat provinsi tersebut Kota Pariaman menargetkan masuk peringkat lima besar.

"Kita akan upayakan secara maksimal bagaimana meningkatkan prestasi daerah dari penyelenggaraan sebelumnya," ujar mantan wartawan tersebut.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pariaman Muhammad Nur, mengatakan pada rapat persiapan gabungan tersebut membahas beberapa agenda diantaranya tanggung jawab masing-masing panitia.

Setiap cabang yang dilombakan akan dibentuk 15 kelompok majelis sehingga seluruh panitia yang dibentuk gubernur maupun wali kota dibagi secara rata untuk persiapan.

"15 majelis tersebut nantinya bertugas untuk memantapkan persiapan dari cabang yang dilombakan sehingga lebih efektif dan efisien," ujar dia.

Ia mengatakan hingga saat ini pihak panitia masih melakukan verifikasi data para kafilah dari berbagai daerah. Untuk pendaftaran perlombaan tersebut, pemerintah daerah menggunakan sistem Elektronik MTQ.

"Khusus Kota Pariaman tercatat 62 kafilah putra dan putri akan mengambil bagian pada lomba MTQ tersebut," ujarnya.

Penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi tersebut akan melombakan 15 cabang diantaranya, Tilawah golongan dewasa, Qira'at Al Quran, Tilawah golongan remaja, anak-anak dan Taman Kanak. Kemudian Tartil, Tahfiz, tafsir, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Khatil Quran, dan Khutbah Jumat. (*)