Peserta UN Paket Dharmasraya 400 Orang

id paket c

Peserta UN Paket Dharmasraya 400 Orang

Seorang peserta mengisi lembar jawaban saat mengikuti ujian Paket B. (Antara)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat mencatat peserta Ujian Nasional (UN) kesetaraan 2017 untuk paket B dan C sebanyak 400 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Dharmasraya, Marius di Pulau Punjung, Kamis, mengatakan, pelaksanaan ujian paket B dan C akan digelar pada 13,14,15 Oktober 2017.

"Untuk lokasi ujian akan dilaksanakan di tiga tempat terpisah," ujarnya.

Ia menjelaskan peserta wilayah Kecamatan Pulau Punjung akan melaksanakan ujian di SMK 1 Pulau Punjung, peserta ujian wilayah Kecamatan Sitiung dan Kecamatan Timpeh melaksanakan ujian di SMKN 1 Koto Baru.

Dan bagi peserta wilayah Kecamatan Koto Baru, Koto Besar, dan Sungai Rumbai akan melaksanakan ujian di SMA N 1 Koto Baru.

Sebelumnya peserta ujian paket wajib mengikuti kegiatan belajar seperti pendidikan formal yang diadakan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) atau Lembaga Penyelenggara Pendidikan Kesetaraan (LPPK), kata dia.

"Misalnya peserta putus sekolah di kelas dua SMP, maka wajib mengikuti kegiatan belajar 1 tahun, tapi proses belajarnya tidak rutin, hanya satu atau dua kali dalam seminggu," katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, meski proses belajar tidak sama ijazah Paket B dan C sama dengan ijazah sekolah formal.

Kemudian ijazah paket juga dapat digunakan untuk melamar pekerjaan, kuliah di perguruan tinggi negeri dan swasta, dan penyesuaian jabatan TNI, Polri, serta PNS.

"Ijazah jenjang formal itu penting, apalagi saat ini yang menyangkut instansi pemerintahan ataupun swasta, ijazah merupakan persyaratan awal dari setiap administrasi," tambahnya. (*)