Taklukan Kamboja 3-1, Milla Senang Tim Laksanakan Instruksi

id Timnas Menang

Taklukan Kamboja 3-1, Milla Senang Tim Laksanakan Instruksi

Pesepak bola Timnas Indonesia Fachrudin W. Aryanto (kanan) menyundul bola saat melawan Timnas Kamboja dalam pertandingan persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/10). Indonesia menang 3-1 atas Kamboja. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj/17.)

Bekasi, (Antara Sumbar) - Tim Nasional Indonesia menaklukkan tamunya Tim Nasional Kamboja 3-1 dalam laga persahabatan yang digelar di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/10) malam.

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, skuat Garuda langsung menggebrak dengan melancarkan permainan berirama cepat ke lini pertahanan lawan.

Serangan demi serangan pun dilancarkan, sehingga akhirnya berbuah gol di menit ke-31 melalui Lerby Eliandry yang menanduk bola dengan akurasi tepat ke arah gawang setelah memanfaatkan umpan dari sepak sudut.

Tiga menit berselang, keunggulan Timnas bertambah melalui gol yang diciptakan Rezaldy Hehanusa memanfaatkan umpan kiriman Andik Vermansah.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Selepas turun minum, tim asuhan Luis Milla rupanya belum sepenuhnya beradaptasi dengan strategi perlawanan Kamboja di lapangan.

Sebab tiga menit babak kedua berjalan, timnas justru kecolongan karena tim tamu mampu mencetak gol yang membuat skor berubah menjadi 2-1.

Gol diciptakan Can Vathanaka yang mampu memperdaya kiper Andritany setelah melakukan aksi solo menerobos lini pertahanan Timnas.

Gol balasan Kamboja tersebut, memacu tim tuan rumah untuk kembali memperlebar selisih keunggulan.

Hanya butuh waktu dua menit saja bagi timnas untuk kembali menambah keunggulan menjadi 3-1 melalui gol yang diciptakan Septian David Maulana.

Dalam posisi unggul, tuan rumah tak lantas mengendurkan tensi pertandingan.

Serangan demi serangan kian gencar dilakukan, terlebih saat Timnas Indonesia memperoleh pasokan stamina dari striker Irfan Bachdim.

Tim gedor serangan pun ditambah Milla yang memasukkan Evan Dimas, Rizky Pora, hingga Stefano Lilipaly.

Namun meskipun kehadiran mereka menambah variasi serangan Timnas yang mendatangkan peluang demi peluang, tapi kedudukan tidak berubah hingga pertandingan usai.

Luis Milla dalam keterangan persnya memuji penampilan Evan Dimas dan kolega karena berhasil menampilkan strtagei bermain sesuai arahannya.

"Babak pertama bermain sangat bagus, semua yang kita sampaikan dilakukan dengan baik di lapangan," katanya.

Namun pergantian pemain terpaksa dilakukan di babak kedua karena tim mulai kekurangan stamina perlawanan.

"Di babak kedua banyak stamina menurun hingga berdampak pada kebobolan satu gol," katanya.

Namun secara keseluruhan, kata dia, dia mengaku senang dengan pertandingan tersebut karena seluruh anak asuhnya terus menunjukan progres positif saat bertanding.

Pelatih Timnas Kamboja Leonardo Vitorino mengaku telah memperoleh target evaluasi bagi pemainnya usai tampil maksimal menghadapi Indonesia.

"Target tercapai karena uji coba ini hanya untuk memantau kualitas pemain kami," katanya.

Namun Leonardo mengakui level pemain sepak bola Indonesia jauh melampaui kualitas pemain Kamboja saat ini.

"Level bermain Indonesia beda jauh dengan Kamboja. Indonesia punya pemain dan permainan bagus," katanya.

Leonardo juga mengakui faktor kekalahannya dalam laga uji coba itu dipicu menurunnya stamina Bin Chanthacheary dan kolega.

"Kami memang sedang mari pemain untuk masa depan tim Kamboja. Pemain muda yang kita turunkan malam ini banyak kehabisan stamina," katanya. (*)