Rabu, 18 Oktober 2017 - 28 Muharram 1439 H

Padangpariaman Luncurkan Lumbung Data Sajikan Data Berintegritas

Asisten Pemerintahan Kabupaten Padangpariaman, Idarussalam mengakses www.data.padangpariamankab.go.id pada peluncuran Lumbung Data di Parit Malintang, Rabu (4/10). (Antara Sumbar/Aadiaat M. S)
Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, meluncurkan aplikasi Lumbung Data yang dapat dipercaya masyarakat, karena menyajikan data berintegritas.

"Selama ini data yang disajikan antara satu instansi dengan instansi lainnya sering berbeda, dengan adanya data berintegritas ini dapat digunakan masyarakat untuk berbagai keperluan," kata Asisten Pemerintahan Kabupaten Padangpariaman, Idarussalam saat peluncuran Lumbung Data di Parit Malintang, Rabu.

Ia mengatakan perbedaan data bisa menimbulkan permasalahan baik di masyarakat maupun untuk kepentingan pembangunan di daerah itu.

Oleh karena itu, melalui aplikasi yang bisa diakses masyarakat di mana pun berada diharapkan dapat memberikan informasi perkembangan segala sektor di kabupaten itu.

Apalagi lanjutnya administrator dalam aplikasi tersebut merupakan staf instansi terkait di antaranya Badan Pusat Statistik (BPS), kepolisian, rumah sakit, dan seluruh organisasi perangkat daerah sehingga data yang diperoleh dapat dipercaya.

Staf tersebut telah tergabung ke dalam susunan keanggotaan Tim Koordinasi Forum Data dan Informasi Pembangunan Kabupaten Padangpariaman berdasarkan keputusan bupati nomor 118/KEP/BPP/2017.

Hal tersebut bertujuan agar dapat memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa data yang disajikan betul-betul akurat dan dapat dipercaya.

"Peluncuran aplikasi Lumbung Data ini pun merupakan pertama di Sumbar dan juga sebagai pendukung program Satu Data Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padangpariaman, Zahirman mengatakan untuk dapat mengakses Lumbung Data masayarakat dapat melihatnya melalui internet dengan situs www.data.padangpariamankab.go.id.

"Situs tersebut dapat diakses baik melalui komputer maupun telepon pintar," kata dia.

Ia mengatakan dalam Lumbung Data tersebut masyarakat dapat melihat tentang data kependudukan, pendidikan, kesehatan, kemiskinan, ekonomi dan keuangan, industri dan perdagangan infrastruktur, transportasi, pangan, dan pariwisata.

"Saat ini data yang ada di Lumbung Data baru 10 persen dan direncanakan pada 24 Okteber data yang ada pada website bisa mencapai 80-an persen," ujar dia.

Ia menambahkan situs tersebut juga dihubungkan dengan wabsite Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumbar, BPS, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Portal Satu Data Indonesia, dan Open Goverment Indonesia. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
Padang, (Antara Sumbar) -Waktu menunjukan pukul 06.50 WIB saat bunyi bel memecah keceriaan pagi di SD Bustanul Ulum yang ...
Baca Juga