Puluhan Pelajar SMPN 2 Bayang Pesisir Selatan Belajar di Lantai

id Belajar di Lantai

Puluhan Pelajar SMPN 2 Bayang Pesisir Selatan Belajar di Lantai

Kegiatan belajar mengajar tanpa meja dan kursi di SMPN 2 Bayang. (ist)

Painan, (Antara Sumbar) - Puluhan pelajar SMPN 2 Bayang, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, terpaksa belajar di lantai karena tidak tersedianya bangku dan meja belajar di sekolah itu.

"Awalnya tiga ruang kelas yang tidak memiliki bangku dan meja belajar, namun saat ini hanya tinggal dua kelas saja, karena satu kelas lainnya telah kami penuhi dengan memperbaiki kursi dan meja yang rusak," kata Kepala SMPN 2 Bayang, Alwis di Painan, Rabu.

Ia menambahkan total pelajar di sekolah itu berjumlah 623 orang yang dibagi ke dalam 23 kelas.

Sementara 21 ruang kelas lain kursi belajarnya tidak seragam karena kekurangan dan akhirnya dicukupi dengan kursi plastik, katanya lagi.

Sejak dilantik empat bulan lalu sebagai kepala sekolah, ia mengaku prihatin dengan sekolah tersebut dan ke depan ia berharap ada upaya khusus dari pemerintah kabupaten setempat.

Terpisah pelajar kelas VII pada sekolah tersebut, Putra mengaku melaksanakan proses belajar mengajar tanpa menggunakan kursi dan meja sejak ia terdaftar sebagai pelajar di sekolah itu.

"Kami belajar hanya menggunakan karpet, tentu saja kami berharap bisa belajar menggunakan kursi dan meja sebagaimana pelajar lainnya," kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Zulkifli mengaku belum mendapat informasi terkait adanya pelajar di daerah itu yang belajar tanpa kursi dan meja.

"Kami belum menerima laporan jika laporannya ada kami pastikan akan ditindaklanjuti secepatnya," kata dia. (*)