Asita: Program "Familliar Trip" Gaet Wisatawan ke Sumbar

id Asita Indonesia

Asita: Program "Familliar Trip" Gaet Wisatawan ke Sumbar

Wisatawan asal Taiwan menikmati makanan khas Padang, Sumatera Barat, Selasa (3/10). (Antara Sumbar/Fathul Abdi)

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Umum Asita Indonesia Asnawi Bahar menyebutkan program "Familliar Trip" salah satu langkah untuk menggaet wisatawan datang ke Sumatera Barat.

"Program Familiar Trip adalah strategi menggaet wisatawan untuk mengeksplorasi tempat wisata, ini harus dimanfaatkan mengingat banyaknya potensi wisata yang ada di Sumbar," kata Asnawi Bahar di Padang, Selasa (3/10).

Dari Asita sendiri, katanya, program tersebut telah berjalan dengan melakukan promosi di sejumlah negara seperti Malaysia, Tiongkok, Singapura, Tiongkok, dan Taiwan.

Program itu, lanjutnya, juga dibarengi dengan integrasi yang dilakukan antara Asita di suatu provinsi dengan provinsi lain.

"Jadi ketika wisatawan datang ke Bali atau daerah wisata lain, yang biasanya menghabiskan waktu dua minggu. Maka beberapa harinya akan dibawa ke Sumbar," katanya.

Sumbar dengan wisata bahari, katanya, adalah salah satu destinasi favorit yang dinilai tidak susah untuk mempromosikannya.

Sebelumnya, hal itu disampaikan Asnawi ketika mendampingi tujuh wisatawan dari Taiwan ke Padang, Selasa (3/10).

Wisatawan tersebut adalah percontohan paket wisata dua provinsi, karena sebelum ke Sumbar mereka berlibur di Bangka Belitung.

Selain Padang, para turis rencana akan menuju Lembah Anai, Minagkabau Village, Pandai Sikek, dan Jam Gadang Bukittingi.

"Ini adalah salah satu buah dari porgram "Familliar Trip" yang telah dipromosikan sebelumnya, ke depan harus terus digencarkan, dan pilihan tujuan wisatannya semakin diperbanyak," katanya.

Untuk mendukung program tersebut ia meminta pemerintah membenahi potensi wisata, serta menyediakan fasilitas penunjang. Salah satunya rute penerbangan langsung dari satu daerah ke daerah lain, tanpa perlu transit.

Kepala Dinas Kota Padang Medi Iswandi, mengatakan pihaknya akan terus membenahi titik-titik wisata yang ada. Termasuk wisata pulau. Kedatangan wisatawan Taiwan itu juga disambut Ketua Asita Sumbar Ian Hanafiah.

Salah seorang wisatawan Wu (50), sempat memuji kawasan pantai, dan kenikmatan makanan di Sumbar. (*)