16 Tim Futsal Berlaga di LFN Sumbar

id LFN Sumbar

16 Tim Futsal Berlaga di LFN Sumbar

Penyerahan bola dari Panitia Pelaksana LFN Sumbar, Syamsul Bahri kepapa Hendra Dupa selaku Sekretaris Umum PSSI Sumbar sebagai tanda dimulainya LFN Sumbar 2017, Selasa (3/10). (AntaraSumbar/Lestarysca)

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 16 tim futsal kabupaten/kota se-Sumatera Barat berlaga di Liga Futsal Nusantara (LFN) regional yang digelar di Lapangan Rafhely Futsal, Padang, pada 3-9 Oktober 2017.

"Ajang LFN 2017 tingkat regional ini merupakan turnamen awal untuk memperbutkan satu tiket menuju Liga Pro tahun 2018, maka dari itu kami dari Provinsi menggelar turnamen ini sebagai bentuk seleksi tim yang nantinya bertanding di ajang nasional tersebut," kata Ketua Panpel pertandingan LFN 2017, Syamsul Bahri di Pdang, Selasa.

Menurutnya, liga futsal ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi tim futsal yang ada di Sumbar, sehingga dapat menciptakan pertandingan yang sportif dengan asas kekeluargaan.

"Jika pertandingan ini berjalan dengan lancar, maka bisa saja menjadi percontohan bagi provinsi lainnya," ujarnya.

Untuk regulasi, pada LFN 2017 hanya boleh mempermainkan pemain yang sebelumnya tidak pernah bertanding di Liga Profesional.

"Pemain yang diperbolehkan ikut yakni pemain murni yang sebelumnya tidak pernah mengikuti liga serupa pada tingkat nasional," ujaranya.

Pada syarat pemain masih menggunakan peraturan yang sama, seperti usia dibawah 23 tahun, dan skema pertandingan dibagi empat grup.

"Skema pertandingan sama dengan 2016, dibagi empat grup fase penyisihan. Dua pemenang lolos ke babak gugur 8 Besar. Empat pemenang ke semifinal dan di akhir dua tim yang bakal bertanding di partai puncak yang nantinya pemenang dari babak tersebut maju ke 34 Besar Nasional," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Umum PSSI Sumbar, Hendra Dupa mengharapkan dengan adanya Liga Futsal Nusantara ini bisa menciptakan prestasi dibidang olahraga futsal di Sumbar.

"Diharapkan dengan penyelenggaraan LFN, futsal Sumbar bisa menjadi lebih baik dan berprestasi di daerah dan nasional," katanya.

Ke-16 tim yang bertanding di LFN 2017 ini antara lain, PSR FC Sumbar, Adrenaline, Ikasmandu, dan Kota Bukittinggi tergabung pada grup A.

Untuk grup B, tim dari Kota Payakumbuh, Kun Fayakun fc, Luhak Nan Tuo, dan Futsal Pasaman.

Grup C terdiri dari, De Javu fc, Kota Sawahlunto, Rafhely Fc, dan Cendana Andalas. Sedangkan yang tergabung dalam grup D yakni, tim Padang Pariman, Satelite Futsal, Kota Pariaman, dan MHS Padang. (*)