Harga Minyak Dunia Turun Akibat Kekhawatiran Kelebihan Pasokan

id Harga minyak

Harga Minyak Dunia Turun Akibat Kekhawatiran Kelebihan Pasokan

Ilustrasi, harga minyak. (Antara)

New York, (Antara Sumbar) - Harga minyak dunia berakhir turun pada Senin (Selasa pagi WIB), akibat kekhawatiran terbaru tentang kelebihan pasokan global, di tengah tanda-tanda meningkatnya produksi minyak mentah.

Produksi minyak dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) bertambah 120.000 barel per hari pada September, menurut sebuah survei Bloomberg pada Senin (2/10).

Sementara itu, jumlah rig yang beroperasi di ladang-ladang minyak AS meningkat sebanyak enam menjadi total 750 rig pada minggu lalu, setelah menurun selama enam minggu berturut-turut, perusahaan jasa ladang minyak Baker Hughes mengatakan dalam laporan mingguannya pada Jumat (29/9).

Dolar AS yang lebih kuat juga membuat minyak mentah yang dihargakan dalam dolar AS menjadi lebih mahal dan kurang menarik bagi pembeli yang menggunakan mata uang lainnya.

Dolar AS melonjak terhadap mata uang utama lainnya pada Senin (2/10) waktu setempat, di tengah serangkaian data ekonomi positif. Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, meningkat 0,49 persen menjadi 93,531 pada akhir perdagangan.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November turun 1,09 dolar AS menjadi menetap di 50,58 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Desember, merosot 0,67 dolar AS menjadi ditutup pada 56,12 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange. (*)