TMMD/N di Payakumbuh Buka Jalan 1,2 Kilometer

id TMMD

TMMD/N di Payakumbuh Buka Jalan 1,2 Kilometer

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Payakumbuh Elvi Jaya meninjau program Tentara Manunggal Masuk Desa atau Nagari (TMMD/N). Dalam kunjungan bersama Sekretaris Diskominfo Deldi Anggoro dan Kabid Humas Henry Waluyo, ia yakin kegiatan itu selesai tepat waktu. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), optimistis program Tentara Manunggal Masuk Desa atau Nagari (TMMD/N) selesai tepat waktu. Program TMMD/N dilaksanakan di Kelurahan Ampangan Kapalo Kota, Kecamatan Payakumbuh Selatan dengan membuka jalan sepanjang 1.2000 meter.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Payakumbuh Elvi Jaya di Payakumbuh, Senin mengatakan sejak dibuka secara resmi oleh Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pekan lalu, program TMMD/N telah mencapai 800 meter dari 1200 meter yang direncanakan.

"Diperkirakan sampai 25 Oktober nanti pengerjaannya akan sesuai dengan target yang telah ditentukan," katanya setelah melakukan peninjauan program tersebut.

Kegiatan itu merupakan program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI, kementerian atau lembaga pemerintah non kementerian, pemerintah daerah, swasta, bersama masyarakat.

TMMD/N ke-100 pada tahun 2017 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Untuk Sumbar dilaksanakan di Kelurahan Kapalo Koto Ampangan dengan obyek membuka akses jalan dan pengerasan.

Sasaran untuk percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya pembukaan akses pembangunan menuju peningkatan ekonomi masyarakat.

"Karena akses jalan yang dibuka, juga menyentuh daerah tetangga, yakni Kabupaten Limapuluh Kota, khususnya Kenagarian Sikabu Kabu Tanjuang Haro, Kecamatan Luak," kata dia didampingi Sekretaris Diskominfo Deldi Anggoro dan Kabid Humas Henry Waluyo.

Sebelumnya Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0306 Limapuluh Kota Letkol Inf Heri Sumitro mengatakan program itu bertujuan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik bersifat fisik maupun non fisik.

"Sasaran TMMD/N ke-100 di Wilayah Kodim 0306/50 Kota diantaranya membuka jalan baru sepanjang 1.200 meter dan lebar lima meter serta rehab rumah sebanyak dua unit," katanya.

Selain itu pada TMMD/N juga diberikan penyuluhan-penyuluhan terpadu dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat oleh dinas atau instansi terkait.

Menurut dia, melalui kegiatan ini juga akan semakin memantapkan kemanunggalan TNI bersama rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh.

"Hal tersebut akan menciptakan suasana yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan di daerah," kata dia.

Terpilihnya Kelurahan Kapalo Koto Ampangan di dalam Program TMMD/N ini karena daerah tersebut merupakan daerah terisolir dan membutuhkan akses jalan untuk mempermudah transportasi.

Desa atau nagari yang terisolasi tersebut membutuhkan pembuatan jalan agar keluar dari keterisolasian guna mempermudah perhubungan satu desa ke desa lain, sehingga dapat membantu dalam meningkatkan taraf kehidupan dan perekonomian masyarakat setempat. (*)