Pertamina Penuhi Elpiji Nelayan di Pantai Purus

id Elpiji

Pertamina Penuhi Elpiji Nelayan di Pantai Purus

(ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Jakarta, (Antara Sumbar) - PT Pertamina (Persero) membangun pangkalan elpiji khusus untuk nelayan di Pantai Purus, Padang, Provinsi Sumatera Barat yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nelayan setempat.

Officer Communication & Relations PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Arya Yusa Dwicandra dalam keterangannya di Jakarta, Senin mengatakan Pertamina telah menyalurkan elpiji kemasan tabung tiga kg sesuai kuota yang ditetapkan pemerintah.

Saat ini, lanjutnya, penyaluran elpiji tabung tiga kg di daerah Pantai Purus, Padang melalui empat pangkalan. Penyaluran harian di Kota Padang sebanyak 24.000 tabung elpiji tiga kg.

"Untuk optimalisasi penyaluran kepada nelayan di Pantai Purus, Padang, Sumbar, maka Pertamina membangun pangkalan elpiji khusus nelayan, yang saat ini dalam proses penyelesaian," katanya.

Pertamina, lanjut dia, telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk perizinannya guna mempercepat penyelesaian pangkalan elpiji khusus nelayan tersebut.

"Untuk nelayan akan ada alokasi khusus di pangkalan sesuai dengan rekomendasi pemerintah setempat yang diharapkan akan segera beroperasi," ucap Arya Yusa.

Data Kementerian ESDM menyebutkan, berdasarkan penelitian dan pengalaman di lapangan, penggunaan satu tabung elpiji tiga kg dapat disetarakan dengan tujuh liter bensin.

Jika sesuai harga keekonomian, maka nelayan akan memperoleh penghematan biaya bahan bakar sebesar 30 persen.

Apabila memakai harga subsidi, maka nelayan bakal memperoleh penghematan hingga 50 persen. (*)