Lokasi Pelayanan Samsat Keliling di Dharmasraya Ditambah, Berikut Daerahnya

id Samsat Keliling

Lokasi Pelayanan Samsat Keliling di Dharmasraya Ditambah, Berikut Daerahnya

Ilustrasi - Mobil Samsat keliling.

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Unit Pelaksana Teknis Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mengoptimalkan pelaksanaan program "Samsat Keliling" dengan menambah daerah pelayanan pembayaran pajak kendaraan.

"Tahun ini jangkauan pelayanan ditambah menjadi enam titik, dimana sebelumnya hanya tiga titik," kata Kepala Kantor Unit Pelaksana Teknis Badan Keuangan Daerah Sumbar, Rahmad di Pulau Punjung, Senin.

Pelayanan pada enam titik tersebut sudah digelar di Nagari Ampalu setiap hari Selasa, Nagari Koto Baru hari Rabu, Pasar Blok B Sitiung 1 Kamis, Pasar Sungai Rumbai Jumat, pasar Blok B Sitiung IV dan Pasar Sialang Gaung pada Sabtu.

"Pelaksanaannya pelayanan samsat keliling dilakukan di minggu pertama dan kedua setiap bulannya, ini sengaja kita sesuaikan dengan hari pasar pada wilayah pelayanan samsat keliling yang kami lakukan," sebutnya.

Dengan diperluasnya jangkauan pelayanan samsat keliling dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor, dan alasan jarak tidak lagi menjadi persoalan.

Berdasarkan data kantor samsat setempat realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor di Dharmasraya hingga September 2017 sudah mencapai Rp15 miliar dari target penerimaan Rp12 miliar.

Sedangkan realisasi penerimaan BBNKB sudah mencapai Rp302 juta dari target Rp215 juta pada periode yang sama.

"Alhamdulillah kesadaran masyarakat untuk membayar pajak mulai meningkat, ini dapat dilihat dari realisasi penerimaan pajak hingga september ini," ungkapnya.

Salah seorang warga Ampalu, Jamaris Rasad (39) menyebutkan sangat terbantua atas dilaksanakannya program samsat keliling.

"Saya sangat terbantu dengan program ini, selama ini bukan kami tidak ingin membayar pajak tetapi karena keterbatasan waktu dan jarak tempuh yang cukup jauh yaitu sekitar 35 kilometer ke kantor Samsat di Sungai Dareh itu, alhamdulillah saat ini dapat membayarnya di dekat rumah kami," ungkapnya. (*)