Kamis, 19 Oktober 2017 - 29 Muharram 1439 H

Alhamdulillah, Sumbar Donasikan Rp2 Miliar untuk Rohingya

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit (kedua kanan) menerima bantuan kemanusiaan untuk Rohingya dari Aksi Cepat Tanggap Sumbar, Senin (2/10). (ANTARA SUMBAR/Miko Elfisha)
Padang, (Antara Sumbar) - Total jumlah bantuan dari warga Sumatera Barat untuk etnis Rohingya yang sedang mengalami kekerasan di Myanmar mencapai Rp2 miliar lebih, kata Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar, Fadli.

"Jumlah itu dari kelompok masyarakat, pemerintah kabupaten/kota dan Pemerintah Provinsi Sumbar," kata dia di Padang, Senin.

Ia mengatakan itu usai menerima bantuan Pemprov Sumbar untuk Rohingya sebesar Rp750 juta di kantor gubernur setempat.

Menurut dia bantuan Pemprov Sumbar itu akan dikumpulkan terlebih dahulu bersama bantuan yang lain, kemudian disalurkan secara bersamaan agar lebih efektif.

Pada tahap I menurut dia, bantuan sebanyak 2000 ton beras dari Sumbar telah disalurkan oleh ACT bagi etnis Rohingya di Myanmar dan pengungsi di Bangladesh.

Penyaluran dilakukan lewat jalur laut dengan estimasi perjalanan selama sepuluh hari.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit berharap bantuan sebesar Rp750 juta itu bukan yang pertama, tetapi akan ada lagi bantuan tahap II.

"Rekening "Sumbar Peduli Rohingya" dengan nomor 2101.0210.05697-2 di Bank Nagari masih dibuka. Mudah-mudahan ada bantuan tambahan," kata dia.

Bantuan yang diberikan itu diharapkan untuk tanggap darurat berupa bahan makanan dan kebutuhan mendesak lain. Namun, kalau ACT menilai ada bentuk bantuan lain yang sangat dibutuhkan, Pemprov menyerahkan keputusan pada ACT. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga