Disparpora Agam Ajukan Dana Rp9 Miliar Persiapan Porprov.

id porprov

Disparpora Agam Ajukan Dana Rp9 Miliar Persiapan Porprov.

Ilustrasi (Antara)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengajukan dana sebesar Rp9 miliar pada APBD 2018 untuk persiapan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (POrprov) di Padangpariaman pada tahun depan.

"Dana ini telah kita usulkan pada Rancangan APBD 2018 dan mudah-mudahan disetujui tim anggaran pemerintah daerah dan DPRD setempat," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Zulfren di Lubukbasung, Sabtu.

Ia mengatakan, dana sebesar Rp9 miliar itu digunakan untuk seleksi atlet yang akan dikirim pada Porprov dan persiapan atlet sampai pengiriman dengan dana Rp4,5 miliar.

Selain itu, dana untuk bonus bagi atlet dan pelatih yang meraih medali dengan dana Rp4,5 miliar.

"Kita menginginkan bonus ini langsung diserahkan beberapa hari setelah pelaksanaan Porprov," katanya.

Pada Porprov di Kota Padang pada 2016, dana untuk bonus itu sebesar Rp4,2 miliar dan dana tersebut diserahkan pada awal 2017.

Dana Rp4,2 miliar ini diperuntukan untuk atlet meraih medali emas sebanyak 54 keping, perak 50 keping dan perunggu 59 keping.

Dari perincian, ujar dia peraih medali emas perorangan mendapat Rp20 juta, perak Rp7 juta, perunggu Rp3,5 juta. Peraih medali emas beregu mendapatkan Rp8 juta, perak Rp4 juta, perunggu Rp2 juta.

Total atlet peraih medali emas perorangan sebanyak 44 orang, perak 31 orang, perunggu 46 orang. Atlet peraih emas beregu 114 orang, perak 194 orang dan perunggu 74 orang.

"Selain bonus untuk atlet, pelatih dan ofisial juga mendapatkan bonus Rp5,75 juta untuk emas, Rp3 juta untuk perak, Rp2 juta untuk perunggu," katanya.

Sementara Ketua KONI Agam, Andri Tanjung menambahkan, pada Porprov 2018 nanti pihaknya menargetkan perolehan medali dan peringkat meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

"Pada Porprov di Padang kita berada pada peringkat tiga dengan meraih medali emas sebanyak 54 keping, perak 50 keping dan perunggu 59 keping," katanya.

Untuk mencapai itu, KONI Agam akan mengirim atlet yang memiliki piaga kejuaraan tingkat kabupaten dengan meraih juara.

Selain itu mengirim atlet yang meraih medali saat Porprov di Padang pada 2016 dan atlet yang membela Sumbar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Barat.

"Mereka akan kita utamakan saat Porprov nanti agar perolehan medali Agam lebih banyak pada Porprov di Padang," katanya. (*)