Festival Ozasia Australia Tonjolkan "Rasa" Indonesia

id festival

Festival Ozasia Australia Tonjolkan "Rasa" Indonesia

Ilustrasi (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Festival OzAsia 2017 yang merupakan salah satu kegiatan budaya internasional terbesar untuk mempererat hubungan antara Australia Selatan dan negara-negara Asia menampilkan sejumlah acara yang menonjolkan Indonesia.

Keterangan dari Konsulat Jenderal RI di Sydney yang diterima di Jakarta, Sabtu menyebutkan Indonesia selalu berpartisipasi dalam Festival OzAsia yang pada 2017 merupakan penyelenggaraan yang ke-11.

Kegiatan yang digelar pada Jumat (29/9) di tepi sungai di Pusat Festival Adelaide itu menampilkan acara "VIP Indonesia Event".

"Upaya dan semangat anda untuk membawa budaya Indonesia ke hati publik Australia melalui Festival OzAsia sangat dihargai," kata Konsul Jenderal RI untuk New South Wales, Queensland, dan South Australia, Yayan G.H. Mulyana.

Menurut Konjen, Festival OzAsia merupakan media yang penting dalam mempromosikan hubungan antara masyarakakt Australia dan Asia, Australia Selatan dan Asia, dan khususnya Australia Selatan dan Indonesia.

Hubungan sosial dan budaya yang kuat antara Indonesia dan Australia dapat memperkuat hubungan ekonomi.

"Indonesia saat ini merupakan ekonomi terbesar ke-16 di dunia dan diproyeksikan menjadi yang ke-4 terbesar pada tahun 2050," Wakil Walikota Adelaide, Sandy Verschoor.

Hubungan seni dan budaya yang telah terjalin lama dan semakin erat antara kedua negara menciptakan kesempatan lebih lanjut untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi, terutama antara Australia Selatan dan Jawa Barat sebagai provinsi-negara bagian kembar.

Di bawah pengelolaan Direktur Festival, Joseph Mitchell OzAsia tahun ini menampilkan sejumlah acara yang berfokus pada Indonesia, termasuk penampilan kelompok musik kontemporer Bandung MOCCA. (*)