Patut Disyukuri. Harga Sawit di Pabrik Mukomuko Naik Rp30

id Kelapa Sawit

Patut Disyukuri. Harga Sawit di Pabrik Mukomuko Naik Rp30

Kelapa sawit. (ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Mukomuko, (Antara Sumbar) - Harga tandan buah segar kelapa sawit yang diterima oleh pabrik kelapa sawit atau CPO di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan sebelumnya dari Rp1.500 per kilogram menjadi Rp1.530.

"Harga tandan buah segar kelapa sawit naik di pabrik PT Bumi Mentari Karya (BMK) dari sebesar Rp1.500 per kg menjadi sebesar Rp1.530 per kg," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Sudianto di Mukomuko, Jumat.

Saat ini baru satu dari sebanyak 10 pabrik CPO yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu yang membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Sementara harga sawit di sembilan pabrik CPO lainnya di daerah itu sejak sepekan terakhir masih bertahan dengan harga berkisar Rp1.400 per kg hingga Rp1.490 per kg.

Kendati demikian, sebutnya seluruh pabrik di daerah itu membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat lebih tinggi dari harga penetapan tim perumus harga komoditi perkebunan.

Harga sawit di sembilan pabrik CPO di daerah itu, yakni di pabrik PT SSJA sebesar Rp1.400 per kg, PT KSM sebesar Rp1.460 per kg, PT MMIL sebesar Rp1.460 per kg, PT KAS sebesar Rp1.460 per kg.

Kemudian, pabrik PT DDP Kecamatan Ipuh dan PT DDP Desa Lubuk Bento membeli sawit petani sebesar Rp1.460 per kg, PT AMK sebesar Rp1.470 per kg, PT SAP sebesar Rp1.490 per kg.

Menurutnya, kenaikan harga sawit membuat petani semakin bergairah merawat tanamannya agar produksi buah sawitnya meningkat. (*)