Jamin Keamanan Wisatawan, Pemkab Pesisir Selatan akan Bentuk Tim Penjaga Pantai

id pantai carocok

Jamin Keamanan Wisatawan, Pemkab Pesisir Selatan akan Bentuk Tim Penjaga Pantai

Kawasan Mandeh di Pesisir Selatan. (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat berencana membentuk tim penjaga pantai untuk lebih menjamin keselamatan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata bahari di daerah itu.

"Tim penjaga pantai ini akan dibentuk berbarengan dengan penetapan tarif kapal wisata di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh melalui peraturan bupati," kata Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan, Dinas Perhubungan setempat, Abdul Hanif di Painan, Jumat.

Menurutnya tim penjaga pantai ini dibutuhkan karena objek wisata bahari yang menjadi andalan daerah setempat sudah ramai seperti kawasan Mandeh, Pantai Carocok, Pantai Sago yang pengunjungnya ratusan per hari, dan mencapai ribuan pada hari libur.

Setelah tim penjaga pantai terbentuk akan dibuatkan beberapa posko pengawasan strategis di beberapa objek wisata bahari tersebut.

Khusus di kawasan Mandeh dan Pantai Carocok setidaknya terdapat 500 unit kapal wisata yang setiap hari melayani wisatawan yang berkunjung ke berbagai pulau.

Selain mengunjungi pulau menggunakan kapal wisata, bibir pantai itu juga ramai oleh wisatawan yang mandi air laut.

"Demi keamanan dan kenyamanan wisatawan maka tim penjaga pantai kita sediakan, sehingga dapat memberi pertolongan dengan cepat ketika terjadi musibah seperti tenggelam dan lainnya," ujarnya.

Anggota DPRD setempat, Ikal Jonedi mengapresiasi rencana pembentukan tim penjaga pantai, karena akan memberikan kepastian keamanan kepada wisatawan ketika berada di pantai.

Wisatawan akan merasa lebih nyaman ketika menikmati mandi air di tepi pantai, dan ketika berlayar menuju pulau wisata.

Karena itu ia mendorong pembentukannya disegerakan karena hal ini juga sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah. (*)