Dispora Sumbar Dorong Daerah Perkuat Klub Olahraga

id sepak bola

Dispora Sumbar Dorong Daerah Perkuat Klub Olahraga

Ilustrasi - Bola. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, mendorong pemerintah daerah dan masyarakat memperkuat perkembangan klub olahraga guna mendukung peningkatan prestasi atlet di tingkat nasional.

"Masih kurangnya prestasi atlet Sumbar akibat masih minimnya dukungan dari berbagai pihak, penguatan klub menjadi salah satu upaya mengangkat pamor tersebut," kata Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Rasydi Sumetry di Padang, Kamis.

Penguatan ini dilakukan oleh pemerintah kabupaten atau kota dengan menginvetarisasi klub olahraga yang ada.

Kemudian dilakukan evaluasi terhadap klub tersebut untuk melihat capaian prestasi yang diraih selama berdiri.

Dengan evaluasi akan terlihat atlet yang berprestasi, pengelolaan klub yang baik atau buruk dan kebutuhan atlet serta pelatih.

"Jadi perhatian terhadap olahraga bukan hanya saat berprestasi di tingkat nasional atau internasional semata," sebut dia.

Kemudian pemerintah dan swasta juga menjadi promotor untuk gelaran kejuaraan tingkat nasional bahkan internasional.

Sejauh ini beberapa daerah memang telah melaksanakan kegiatan semacam itu namun intensitasnya masih rendah dan cabang olahraganya belum beragam.

"Perhatian ini penting untuk memberikan motivasi atlet, pelatih dan pengurus klub seperti yang didapatkan di daerah lain," kata dia.

Banyaknya prestasi yang dicapai atlet di daerah lain karena perhatian serius dari pemerintah dan masyarakat.

Seperti di Jawa Barat, DKI Jakarta atau Jawa Timur pada setiap kabupaten dan kota memiliki pusat pembinaan dan pelatihan olahraga daerah.

Selain itu klub olahraganya seperti bulu tangkis , sepak bola, basket terkelola dengan baik dan mendapat dukungan masyarakat daerahnya.

"Baik buruknya prestasi bergantung seberapa besar partisipasi masyarakat dalam memajukannya," kata dia. (*)