Wako: Padang Terbuka Terima Investasi

id Mahyeldi Ansharullah

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota (Wako) Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengatakan Kota Padang terbuka menerima investasi pada berbagai bidang dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Beberapa bidang seperti pariwisata, ekonomi, pendidikan maupun infrastruktur kota cukup potensial dikembangkan di Padang," ujarnya menanggapi terpilihnya Padang sebagai kota potensial pengembangan investasi oleh salah satu media nasional, di Padang, Kamis.

Dia menyebutkan untuk bidang pariwisata pihaknya menawarkan pulau yang ada di sekitar kota dan potensial diinvestasikan dengan catatan memberikan dampak positif bagi pendapatan kota.

Kemudian menggeliatnya pembangunan tempat penginapan dan hotel membuktikan Padang siap menampung sarana prasarana tersebut.

Sejauh ini, Mahyeldi mengaku untuk pariwisata ia telah melakukan diskusi dengan investor dari Asia Tenggara, Asia Timur serta Timur Tengah dan responnya cukup positif.

Akan tetapi masih terbuka untuk menerima investasi khususnya dalam pengembangan objek wisata seperti Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang yang masih membutuhkan penguatan sarana dan wahana hiburan.

"Secara ekonomi kami sedang mengembangkan Pasar Raya lebih strategis sebagai pusat perdagangan dan juga wisata," ujar dia.

Rencananya Pasar Raya akan dikembangkan dengan menyatukan konsep perdagangan, wisata dan budaya, dan saat ini masih menunggu tambahan investasi untuk memperkuatnya.

Di samping Pasar Raya, pasar satelit di kecamatan juga tengah dalam tahap renovasi dan beberapa telah rampung.

Kemudian Padang juga sedang mengembangkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terpusat di kecamatan atau kelurahan.

Artinya setiap kecamatan dan kelurahan dapat menghasilkan produk khas wilayahnya serta hasil kreativitas masyarakatnya.

"Pada bidang pendidikan, kami mengupayakan semua sekolah satu shift tentu membutuhkan penambahan lokal di tingkat SD dan SMP," sebutnya.

Kemudian saat ini juga tengah memperkuat pendidikan Al Quran bagi siswa lewat pembentukan rumah tahfiz dan juga pusat pendidikan Al Quran di setiap kecamatan dan kelurahan.

Untuk infrastruktur saat ini pihaknya terus melakukan betonisasi pada jalan yang tidak layak, kemudian pembangunan trotoar dan pedestrian serta gorong-gorong di beberapa lokasi.

Meskipun bisa diselesaikan dengan baik tentu masih banyak kekurangan, bila ada tambahan investasi hasilnya akan lebih sempurna.

"Kami juga menunggu investasi retail seperti perumahan, dengan catatan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan," kata dia.

Kemudian sebagai langkah menjadikan Padang kota cerdas, pihaknya juga siap menerima investasi dalam pengembangan teknologi pelayanan. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar