Buruan Daftar, Pariaman Job Fair Sediakan 500 Lowongan Kerja

id Job Fair

Buruan Daftar, Pariaman Job Fair Sediakan 500 Lowongan Kerja

Sejumlah pencari kerja mengunjungi pameran bursa kerja (Job Fair) yang diadakan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman Sumatera Barat menggelar Pariaman Job Fair yang menyediakan 500 lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja di daerah itu.

"500 lowongan pekerjaan tersebut terdiri atas 22 perusahaan asal Kota Padang, Kabupaten Padangpariaman dan Kota Pariaman,"kata Kabid Ketenagakerjaan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja setempat Anilta, di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan Pariaman Job Fair yang diadakan pemerintah dari 28 hingga 29 September 2017 tersebut menyediakan lowongan pekerjaan di berbagai bidang.

"Pariaman Job Fair 2017 menyediakan lowongan di bidang kesehatan, perdagangan, perbankan, industri, jasa dan bimbingan belajar yang tersebar di tiga daerah," kata dia.

Ia menjelaskan tujuan diadakannya Pariaman Job Fair tersebut untuk menekan angka pengangguran di daerah itu yang mencapai 2.554 orang pada 2017.

Jumlah tersebut katanya setara dengan 6,6 persen dari jumlah angkatan kerja yang mencapai 38,667 jiwa di kota itu.

Jika dibandingkan pada 2016 ujar dia, angka pengangguran di daerah itu mengalami penurunan yaitu 2.068 orang.

"Penurunan angka pengangguran memang tidak terlalu signifikan namun pemerintah daerah terus berupaya membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat," ujar dia.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pariaman Indra Sakti mengatakan pemerintah setempat terus berupaya menekan angka pengangguran.

"Adanya kegiatan Pariaman Job Fair ini merupakan kesempatan bagi para pencari kerja dengan berbagai bidang yang ditawarkan perusahaan," ujar dia.

Selain memberikan kesempatan kepada pencari kerja, pemerintah daerah juga telah mengadakan berbagai macam pelatihan dan keterampilan bagi masyarakat di daerah itu.

Pemberian keterampilan tersebut diantaranya peningkatan mutu dan kualitas para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kemudian ujar dia, pemerintah daerah juga memberikan pelatihan di bidang perbengkelan, kursus menjahit, dan elektronik.

"Semua pelatihan dan pembinaan tersebut agar masyarakat dan pelaku usaha di Kota Pariaman memiliki daya saing dalam bekerja," ujarnya.

Sebelumnya pada Januari 2017 pemerintah daerah juga telah mengirim 70 perajin sulaman dan bordir untuk mendapatkan pelatihan oleh Balai Diklat Padang. (*)