Kabupaten Agam Paling Banyak Dilintasi Peserta TdS 2017

id TdS 2017

Kabupaten Agam Paling Banyak Dilintasi Peserta TdS 2017

Pebalap TdS di daerah Puncak lawang, Kabupaten Agam, Sumbar. (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Sumatera Barat memperkirakan daerah setempat akan menjadi daerah paling banyak dilewati pebalap Tour de Singkarak (TdS) yang akan berlangsung pada 18-26 November 2017.

"Dari sembilan etape pada TdS 2017, Agam bakal dilewati sebanyak lima etape," kata Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi Pariwisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat, Rinaldi di Lubukbasung, Kamis.

Ia menambahkan, lima etape itu melewati 13 dari 16 kecamatan di Agam. Sedangkan tiga kecamatan yang tidak dilewati hanya Kecamatan Ampek Koto, Malalak dan Kamang Magek.

Lima etape yang akan melewati Agam yakni etape empat dari Danau Singkarak Kabupaten Solok menuju Kota Payakumbuh melalui Kecamatan Baso pada Selasa (21/11), Etape lima dari Lembah Harau Kabupaten Limapuluh Kota menuju Padang Panjang melalui Kecamatan Baso, Canduang, Banuhampu, Ampekangkek dan Sungaipua pada Rabu (22/11).

Sementara etape tujuh dari Pantai Gandoriah Kota Pariaman menuju Kantor Bupati Pasaman Barat melalui Kecamatan Tanjungmutiara, Lubukbasung, Ampeknagari, Palembayan pada Jumat (24/11).

Sedangkan etape delapan dari Puncak Anai Kabupaten Padangpariaman menuju Ambun Pagi Kabupaten Agam melalui Kecamatan Tanjungmutiara, Lubukbasung, Tanjungraya dan Matur pada Sabtu (25/11).

Selain itu, etape sembilan dari Kantor Bupati Pasaman menuju Lapangan Olahraga Wirabraja Kota Bukittinggi melalui Kecamatan Palupuh dan Tilatangkamang.

"Kecamatan Baso, Lubukbasung dan Tanjungmutiara akan dilewati peserta sebanyak dua kali," katanya.

Saat ini kondisi jalan di 13 kecamatan yang akan dilalui sudah diperbaiki dan panitia pusat akan meninjau rute tahap akhir pada awal Oktober 2017.

Agar pelaksanaan berjalan baik, Pemkab Agam membentuk panitia ketertiban dan pengerahan massa di setiap kecamatan. Panitia itu terdiri dari Camat, Polsek dan Koramil.

"Panitia ini telah dibentuk dan kita akan melakukan rapat persiapan pelaksanaan TdS pada Senin (2/9)," katanya. (*)