Piala Wali Kota Padang Digelar Usai Liga

id Sepak Bola

Piala Wali Kota Padang Digelar Usai Liga

Ilustrasi.

Padang, (Antara Sumbar) - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Padang, Sumatera Barat Azwin mengatakan turnamen sepak bola tahunan Piala Wali Kota Padang tetap digelar usai pelaksanaan Liga Indonesia tahun ini.

"Ini sebagai turnamen persahabatan tentu diikuti klub yang profesional, kami menunggu hingga liga usai," ujarnya di Padang, Kamis.

Turnamen itu direncanakan digelar pada akhir tahun ini atau maksimal awal tahun depan sebelum gelaran liga kembali bergulir.

Dispora Padang tengah berkoordinasi dengan beberapa instansi untuk mendukung penyelenggaraan pertandingan tersebut.

Setelah itu, akan mengevaluasi dan melobi klub yang akan disertakan dalam turnamen tersebut.

"Kami berharap klub besar dan klub sedang naik daun seperti Bali bisa turut serta selain klub andalan Sumbar," ujarnya.

Tujuan menggelar turnamen ini tetap sama seperti saat pertama kali bergulir di tahun 1980 an yakni mengenalkan sepak bola kepada masyarakat Minang dan mempromosikan Padang ke Nusantara.

Pada setiap gelarannya turnamen ini selalu mempertemukan klub asal Sumbar dengan beberapa klub nasional bahkan internasional.

Turnamen ini tidak pernah absen meski kondisi PSSI di pusat tidak kondusif beberapa tahun lalu, hal ini membuktikan animo turnamen ini dari klub cukup tinggi.

Dia berharap media dan masyarakat bisa menggaungkan turnamen ini ke seluruh nusantara untuk memperlihatkan bahwa Padang siap menggelar turnamen olahraga dengan skala besar.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah berharap penyelenggaraan turnamen kali ini lebih baik dari sebelumnya.

"Baik dari keikutsertaan klub, animo penonton serta mampu menarik wisatawan. Artinya meski ini sebuah pertandingan olahraga, masyarakat luar Padang dan Sumbar mau datang sembari menikmati objek wisata kota," sebutnya.

"Jika hal tersebut sukses, ke depan akan dipertimbangkan peningkatan turnamen untuk memperkuat wisata," katanya menambahkan. (*)