KONI Sumbar: Solok Selatan Berpeluang Menjadi Barometer Olahraga

id Syaiful

KONI Sumbar: Solok Selatan Berpeluang Menjadi Barometer Olahraga

Ketum KONI Sumbar, Syaiful. (Antara)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat, Syaiful mengatakan Kabupaten Solok Selatan berpeluang menjadi barometer olahraga di provinsi itu, karena pemerintah daerahnya sangat peduli dengan olahraga.

"Solok Selatan sudah mempersiapkan wasit dan atlet skala nasional dan penjaringan atletnya juga selektif melalui pekan olahraga kabupaten (Porkab)," kata dia saat menghadiri Musorkab KONI Solok Selatan di wisma Umi Kalsum, Rabu.

Menurut dia yang sudah dilakukan Koni Solok Selatan selama empat tahun terakhir telah mengangkat harkat dan martabat olahraga di kabupaten itu.

Selain itu pelaksanaan Porkab hanya Solok Selatan yang menggelarnya setiap tahun.

"Pelaksanaan Porkab setiap tahun bisa menjaring atlet berbakat dan ini hal yang bagus demi kemajuan olahraga," ujarnya.

Atlet yang telah bermain di Porkab berarti sudah siap untuk Porprov dan atlet Porprov sudah siap bermain di pentas nasional.

Selain itu kata dia, berbagai cabang olahraga juga bisa dikemas untuk mendukung pariwisata.

Koni Sumbar katanya, selalu memantau prestasi dan perkembangan Koni Solok Selatan.

Koni Solok Selatan juga menyumbangkan satu atlet pada PON di Jawa Barat dari cabang Kempo dan berhasil meraih medali emas.

"Kami berharap Solok Selatan bisa melahirkan atlet berskala nasional ke depannya," ujarnya.

Dia menyebutkan, pada ajang PON Sumbar lebih memprioritaskan atlet daerah sehingga uang bonus yang didapat berputar di Sumbar juga.

Sekretaris Daerah Solok Selatan Yulian Efi mengatakan, akan terus mendukung kemajuan olahraga di kabupaten itu baik dari segi anggaran dan fasilitas.

Musorkab Koni Solok Selatan diikuti 27 cabor dan turut hadir Kapolres Solok Selatan AKBP M Nurdin, Kejari Solok Selatan M Rohmadi. (*)