Unand Dorong Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi

id Harif Amali Rivai

Unand Dorong Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi

Dekan Fakultas Ekonomi Unand, Dr Harif Amali Rivai. (ANTARA SUMBAR/Dokumen Humas Unand)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, mendorong berkembangannya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berbasis teknologi dalam memajukan ekonomi masyarakat.

"UMKM mempunyai peran penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional maka dari itu kami dari akademisi perlu menumbuhkembangkan usaha-usaha kecil berbasis teknologi sehingga dapat lebih berkembang dan mempunyai nilai jual," kata Dekan Fakultas Ekonomi Unand, Dr Harif Amali Rivai di Padang, Rabu.

Pemanfaatan teknologi ini bisa digunakan dalam strategi pemasaran produk dalam jaringan atau online, dengan memberikan pelatihan teknis bagaimana cara pemasaran secara daring.

Teknis pemasaran secara daring itu mencakup pemilihan serta penggunaan gambar produk, pembuatan uraian yang menarik dan pembuatan jejaring di dunia.

Dorongan penggunaan strategi pemasaran secara daring, terus dilakukan karena memang lebih efektif menjangkau dan menarik konsumen dibandingkan secara konvesional.

UMKM, khususnya yang ada di Kota Padang, masih bersifat konvensional dan informal sehingga usaha yang berjalan tersebut kurang berkembang.

"Maka dari itu harus ada yang mengubah UMKM yang dulunya kovensional dan informal ini bisa naik kelas dengan cara memperkenalkan teknologi kepada pelaku usahanya," katanya.

Unand sebagai pihak akademisi mendorong UMKM berbasis teknologi ini dengan membuka kegiatan seperti entrepreneurship center, bisnis plan kontes setiap tahun dan berbagai kegiatan lainnya kepada mahasiswa.

"Nantinya mahasiswa ini yang akan menjadi pelaku UMKM berbasis teknologi di Kota Padang, dengan ini diharapkan dapat tumbuh usaha-usaha kecil yang serupa" katanya. (*)